KISI–KISI PENULISAN SOALULANGAN AKHIR SEMESTER 1TAHUN PELAJARAN 2019-2020
Kurikulum : KTSP 2006
K e l a s : IX
Alokasi Waktu : 120 menit
Banyak Soal : 40
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No
|
STANDAR Kompetensi
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1
|
Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun
datar yang sebangun dan kongruen
|
Kesebangunandankongruensibangundatar
|
· Diberikan 4 pasang bentuk
bangun datar, peserta didik dapat menentukan pasangan bangun yang tidak sebangun
|
1
|
|
|
· Diberikan ukuran
sebidang tanah berbentuk persegipanjang danukuran 4 bangun persegipanjang yang berbeda, peserta didik
dapat menentukansalah satu bangun yang
sebangun dengan sebidang tanah tersebut.
|
2
|
||
|
|
· Disajikan gambar dua
segiempat sebangun, peserta didik dapat menentukan ukuran sisi salah satu segiempat, jika ukuran yang diperlukan pada kedua
segiempat tersebut diketahui.
|
3
|
||
|
|
· Diberikan
4 pernyataan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan syarat
dua bangun kongruen
|
4
|
||
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
|
Kesebangunandankongruensisegitiga.
|
·
Diberikan dua segitiga sebangun, peserta didik dapat menentukan
pasangan sisi yang mempunyai perbandingan sama.
|
5
|
||
·
Disajikan gambar dua segitiga sebangun yang salah satu
sudutnya berhimpit dan ukuran yang diperlukan, peserta didik dapat menentukan panjang
salah satu ruas garis yang ditanyakan.
|
6
|
||||
Disajikan gambar 2
segitiga kongruen dan unsur yang diperlukan diketahui, peserta didik dapat panjang salah satu ruas
garis yang ditanyakan.
|
7
|
||||
·
Diberikan dua segitiga kongruen denganyang ukuran sisi diperlukan
diketahui,pesertadidikdapat menentukan panjang
salah satu ruas garis yang ditanyakan.
|
8
|
||||
·
Disajikan gambar bangun yang memuat beberapa pasang
segitiga kongruen, peserta didik dapat menentukan banyak pasangan segitiga yang
kongruen.
|
9
|
||||
1.3 Menggunakan konsep
kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
·
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita
menggunakan konsep kesebangunan
|
10
|
|||
·
Diberikan dua segitiga kongruen denganyang ukuran sisi diperlukan
diketahui,pesertadidikdapat menentukan
panjang salah satu ruas garis yang ditanyakan.
|
11, 12, 14
|
||||
·
Peserta didik dapat mengetahui syarat kesebangunan dari
dua buah bangun yang sebangun.
|
13
|
||||
2
|
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
|
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung,
kerucut dan bola
|
Unsur-unsurtabung,
kerucut, dan bola
|
·
Peserta didik dapat menentukan unsur-unsurbangun ruang sisi lengkung
|
15, 20
|
2.2 Menghitung luas
selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
Luasdan volume
tabung, kerucut, dan bola
|
·
Pesertadidikdapat menghitung luas
seluruh permukaan bangun ruang, jika
tinggi dan jari-jari atau diameter alas diketahui
|
18, 21
|
||
·
Pesertadidikdapat menentukan volum bangun
ruang, jika panjang ukuran diketahui.
|
16, 22, 25
|
||||
2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan tabung, kerucut dan bola
|
Penggunaankonsepluasdan
volume untukpemecahanmasalahberkaitandengantabung, kerucut, dan bola
|
·
Pesertadidikdapat
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang
|
24
|
||
·
Pesertadidikdapat
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan Volume bangun ruang
|
17, 19, 23, 26, 27
|
||||
3
|
Melakukan pengolahan dan penyajian data
|
3.1
Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta
penafsirannya
|
Mean, median,
dan modus
|
·
Peserta didik dapat menentukan nilai Mean, median, dan modusdarisebuah data
tunggal
|
28, 29, 30
|
3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan
diagram batang, garis, dan lingkaran
|
·
Disajikan data dalam tabel frekuensi, peserta didik
dapat menentukan median dari data tersebut
|
31
|
|||
·
Disajikan data dalam tabel frekuensi, peserta didik
dapat menentukan banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai tertentu.
|
32
|
||||
·
Diberikan diagram lingkaran dengan n
juring, siswa dapat menentukan banyaknya data pada salah satu juring, jika
data pada juring yang lain
|
33
|
||||
·
Disajikan rata-rata dari dua data,
peserta didik dapat menghiting rata-rata gabungan dari dua data tersebut
|
34, 35
|
||||
4
|
Memahamipeluangkejadiansederhana
|
4.2 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
|
|
·
Peserta didik dapat menentukan peluang kejadian
tertentu pada percobaan
|
36, 37, 38
|
|
|
·
Pesertadidikdapatmenghitungfrekuensi
relative danfrekuensiharapansuatukejadian
|
39, 40
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar