Selasa, 03 Desember 2019

Kisi-kisi PAS



KISI–KISI  PENULISAN SOALULANGAN AKHIR SEMESTER 1TAHUN PELAJARAN 2019-2020


Mata Pelajaran         :  Matematika 
Kurikulum                :  KTSP 2006 
K e l a s                    :  IX 
Alokasi  Waktu        :  120  menit 
Banyak Soal             :  40 
Bentuk  Soal                        :  Pilihan  Ganda 

No
STANDAR Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
MATERI
Indikator
No.
Soal

1

Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen

Kesebangunandankongruensibangundatar

·     Diberikan 4 pasang bentuk bangun datar, peserta didik dapat menentukan pasangan bangun yang tidak sebangun


1


·     Diberikan ukuran sebidang tanah berbentuk persegipanjang danukuran 4 bangun  persegipanjang yang berbeda, peserta didik dapat menentukansalah satu bangun yang  sebangun dengan sebidang tanah tersebut.
2


·     Disajikan gambar dua segiempat sebangun, peserta didik dapat menentukan ukuran  sisi salah satu segiempat,  jika ukuran yang diperlukan pada kedua segiempat tersebut diketahui.
3


·     Diberikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan syarat dua bangun kongruen
4
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen





Kesebangunandankongruensisegitiga.
·      Diberikan dua segitiga sebangun, peserta didik dapat menentukan pasangan sisi yang mempunyai perbandingan sama.
5
·      Disajikan gambar dua segitiga sebangun yang salah satu sudutnya berhimpit dan ukuran yang diperlukan,  peserta didik dapat menentukan panjang salah satu ruas garis yang ditanyakan.
6
Disajikan gambar 2 segitiga kongruen dan unsur yang diperlukan diketahui,  peserta didik dapat panjang salah satu ruas garis yang ditanyakan.
7
·         Diberikan dua segitiga kongruen  denganyang ukuran sisi diperlukan diketahui,pesertadidikdapat menentukan panjang salah satu ruas garis yang ditanyakan.

8
·         Disajikan gambar bangun yang memuat beberapa pasang segitiga kongruen, peserta didik dapat menentukan banyak pasangan segitiga yang kongruen.
9
1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah

·         Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep  kesebangunan
10
·         Diberikan dua segitiga kongruen  denganyang ukuran sisi diperlukan diketahui,pesertadidikdapat menentukan panjang salah satu ruas garis yang ditanyakan.
11, 12, 14
·         Peserta didik dapat mengetahui syarat kesebangunan dari dua buah bangun yang sebangun.
13

2

Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya

2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola


Unsur-unsurtabung, kerucut, dan bola
·           Peserta didik dapat menentukan unsur-unsurbangun ruang sisi lengkung

15, 20
2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola

Luasdan volume tabung, kerucut, dan bola
·        Pesertadidikdapat menghitung luas seluruh permukaan  bangun ruang, jika tinggi dan jari-jari atau diameter alas diketahui

18, 21 
·        Pesertadidikdapat menentukan volum bangun ruang, jika panjang ukuran diketahui.

16, 22, 25
2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola


Penggunaankonsepluasdan volume untukpemecahanmasalahberkaitandengantabung, kerucut, dan bola
·         Pesertadidikdapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang
24
·         Pesertadidikdapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan Volume  bangun ruang
17, 19, 23, 26, 27
3
Melakukan pengolahan dan penyajian data

3.1   Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya


Mean, median, dan modus
·         Peserta didik dapat menentukan nilai Mean, median, dan modusdarisebuah data tunggal
28, 29, 30
3.2    Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
·        Disajikan data dalam tabel frekuensi, peserta didik dapat menentukan median dari data tersebut
31
·        Disajikan data dalam tabel frekuensi, peserta didik dapat menentukan banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai tertentu.
32
·        Diberikan diagram lingkaran dengan n juring, siswa dapat menentukan banyaknya data pada salah satu juring, jika data pada juring yang lain
33
·        Disajikan rata-rata dari dua data, peserta didik dapat menghiting rata-rata gabungan dari dua data tersebut
34, 35
4
Memahamipeluangkejadiansederhana
4.2    Menentukan ruang sampel suatu percobaan

·        Peserta didik dapat menentukan peluang kejadian tertentu pada percobaan
36, 37, 38



·        Pesertadidikdapatmenghitungfrekuensi relative danfrekuensiharapansuatukejadian
39, 40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar