Matematika
Kelas VII
Bilangan
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi sholeh sholehah! Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Matematika.
Walaupun dirumah saja selalu jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun dan jangan lupa beribadah kepada Alloh SWT.
Sudah melaksanakan shalat dhuha kah? semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan sholat dhuha dan sholat lima waktunya ya.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah dapat memahami operasi hitung pada pecahan
Materi sebelumnya kalian masih ingat kan tentang membandingkan bilangan pecahan. Sekarang ayo kita pelajari materi berikut ya:
Operasi hitung pecahan
Penjumlahan dan Pengurangan
Beberapa langkah yang harus kita lakukan pada operasi penjumlahan dan pengurangan:
1. Menyamakan Penyebut
Misal:
Kita samakan penyebutnya dengan mengganti penyebut yang lama dengan penyebut yang baru, penyebut baru diperoleh dari nilai KPK nilai penyebut sebelumnya. KPK dari 2 dan 3 adalah 6.
2. Mencari Pembilang Setelah Menyamakan Penyebut
Caranya membagi nilai penyebut yang baru dengan nilai penyebut yang lama, lalu hasilnya kita kalikan dengan pembilang yang sebelumnya.
Setelah penyebutnya sudah sama dan pembilangnya juga sudah diubah, maka langkah yang terakhir adalah mengoperasikan pecahan tersebut.
maka
=
Perkalian dan pembagian
Perkalian
Ketika kita ingin melakukan operasi perkalian pada dua atau lebih pecahan, caranya adalah mengalikan pembilangnya dan mengalikan penyebutnya.
Contoh:

Penyelesaian:
Karena contoh soal di atas merupakan perkalian antara pecahan campuran dengan pecahan biasa, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengubah pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa. Sehingga,
diubah ke pecahan biasa menjadi
. Setelah itu, kita bisa langsung mengoperasikan kedua pecahan tersebut sebagai berikut:

Pembagian
Ketika akan melakukan operasi pembagian pada dua atau lebih pecahan, maka dapat mencarinya dengan cara mengubah posisi pembilang menjadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang pada pecahan yang menjadi pembaginya. Lalu, ubah tanda pembagian (÷) menjadi tanda perkalian (x).

Contoh:
Ibu akan membeli 40 kg gula pasir. gula itu akan dijual ecer dengan berat 1/4 kg tiap bungkus plastik. Berapa banyak bungkus plastik yang akan diperlukan ibu?
Penyelesaian:
Dari contoh di atas, ibu ingin membagi 40 kg gula pasir menjadi beberapa kantong plastik yang masing-masing isinya
kg. Maka,

Jadi, banyak kantong plastik yang diperlukan ibu adalah sebanyak 160 kantong.
Beberapa contoh lain
1.Hasil dari
![Rendered by QuickLaTeX.com \[ 3 \frac{1}{2} + 2 \frac{1}{3} : 1 \frac{3}{4} = \; .... \]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-07ef1e3acc91f7b74cda45c933a2ca1c_l3.svg)
Pembahasan:
![Rendered by QuickLaTeX.com \[ 3 \frac{1}{2} + 2 \frac{1}{3} : 1 \frac{3}{4} = \; \frac{7}{2} + \frac{7}{3} : \frac{7}{4} \]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-ded223fdaab1faa84cda5bb9d39400e3_l3.svg)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[ = \frac{7}{2} + \frac{7}{3} \times \frac{4}{7} \]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-4682fcf3a3535818350deff1fa4f3440_l3.svg)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[ = \frac{7}{2} + \frac{4}{3} \]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-db8a3775bc1e9110eac7eea9205c40a2_l3.svg)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[ = \frac{21}{6} + \frac{8}{6} \]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-c2cfac77dbb81ec325d40cb167fd0efa_l3.svg)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[ = \frac{29}{6} \]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-492bcd479b484804e7b4f62e6fb81371_l3.svg)
![Rendered by QuickLaTeX.com \[ = 4 \frac{5}{6} \]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-9ab1ada8505e853d1c46d83cb2a8e65f_l3.svg)
2. Hasil dari
adalah...
Pembahasan:

Setelah mempelajari materi diatas, jika ingin mencatat boleh tuliskan di buku tulis matematika kalian. Silahkan bertanya jika ada yang belum paham.
Jika tidak ada yang ditanyakan silahkan kalian kerjakan soal-soal berikut:
Hasil dari soal-soal berikut adalah ....
1.

2. ![Rendered by QuickLaTeX.com \[ 2 \frac{1}{2} + 1 \frac{1}{2} \times 2 \frac{2}{3} = \; .... \]](https://idschool.net/wp-content/ql-cache/quicklatex.com-be5e0a75b793583b6a144bb20e1fc9c0_l3.svg)
3.
Sekian pembelajaran kita hari ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.
Tetap melaksanakan 3M semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Terimakasih.
Waalaikumsalam Wr. Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar