Minggu, 18 September 2022

Balam 8

Tema                           : Pepaccur
Sub Tema                    : 1. Amai dan inai adok anjak Batangan
                                      2. Amai dan inai adok anjak Lebbu


Pepaccur/Pepaccogh/Wawancan 

Kebiasaan  adat masyarakat Lampung, ki  tiyan ghadu ngajong keghuani  haga mansa gelar adat (adok) sebagai tanda kehormatan bagi tiyan.    Adok sinji diterima tiyan anjak klan epak ghik klan emak. Pengenaian adok sina dilapahko di lom upacara adat sai dikenal jama istilah ngamai ghik ngini adek guwai lingkungan masyarakat Lampung dialek O. Ngamai ghik ngini adok guwai lingkungan masyarakat Lampung dialek A, kebaghan adok atau nguwahko adok guwai lingkungan masyarakat Lampung dialek A Pesisir.  Ngamai digunako guwai maju ragah, nginai guwai maju sebai.

Seghadu sepasang maju sina dikeni adok tiyan mansa nasehat atau luhot-luhot.   Nasihat ghik luhot-luhot sina disampaiko di lom bentuk puisi sai dikenal jama istilah pepaccur guwai     lingkungan masyarakat Lampung dialek O. Istilah pepaccogh  guwai lingkungan masyarakat Lampung dialek A, ghik istilah wawancan guwai lingkungan masyarakat Lampung dialek A Pesisir.    

Jelma sai nyappaiko pepaccur iyulah jelma sai ngedok kemampuan sina. Puisi pepaccur sina disappaiko jama bedendang atau berlagu, tiyan sai ngedengi iramani dapok mahaman hati.    

a.       Bentuk ghik isi pepaccur
Bentuk puisi pepaccur iyulah berbait-bait. Setiap baitni wat 4 - 6  baris kalimat . jumlah baitni tergantung lamonni isi nasihat sai  di sappaiko. Srtuktur pepaccur dapok dikelompokko di lom bentuk puisi tradisional gegoh syair.   Unggal baitni ngerupako isi pepaccur. Pola sajakni bervariasi wat sai ab-ab  wat munih sai abc-abc. Isi pepaccur sina behubungn jama nasihat ughik mekajong, bumasyarakat, bebangsa, cenegara ghik beagama.

b.      Fungsi pepaccur
Pepaccur ngedok fungsi: 1) sebagai media penyampaian luhot atau amanat,2) befungsi sebagai media guwai ngelestariko bahasa ghik sastra Lampung.
c.       Contoh pepaccogh guwai ngamai ghik ngini adek anjak batangan
1.      Adok sai ragah   : Jaya Umpuan Mega
2.      Adok sai sebai    : Inaini Inai Ratu
                             Adekni Ratu Mahkota                                                           
Dialek A
1)      Syukur alhamdullilah                          6)         hubungan gham di luwah
Tigoh judumu ganta                                        ina perlu dibina
Dendang segala badan                                                perlu sakai sambaian
Kekalau kutighua tuwah                                             najin kak sumang badan
Ina sai ghupa dua                                                        pagun juga beguna
Kiluian  haguk Tuhan                                      tetangga kiri kanan
2)      Siji ngedok amanah                                         7)         tungga  hulun sai susah
Tetuju di kuti ghua                                                      tesambat pudak waya
Anjak kaban kemaman                                                unjak ki lagi badan
Cuba dipilah-pilah                                                       pudak selalu wewah
Ki bakal ngedok guna                                     tehadop sapa juga
Akuk jadi angguan                                                      betikko laku sai supan
 
3)      Pertama, beibadah                                           8)         adik waghimu nyah
Sembahyang waktu lima                                             sai di udi atau sai di ja
Dang sappai ketinggalan                                             unyin perlu nihan bimbingan
Kirim munih fatehah                                       jadi anak tuha mak mudah
Tehadap sai kak mena                                     ia musti bijaksana
Kipak sai lagi tengan                                       di lom segala tindakan
 
4)      Suwa pungu tengadah                                    9)         basing ghupa maslah
Kilu ampun dusa                                                         perlu berencana
Serta selamat badan                                                    jama kaban wewarian
Najin mak dacok kiwah                                              najin sepuluh mudah
Cukuplah sederhana                                        sebelas gham betanya
Asal mak kekurangan                                      mangi mak salah jalan
 
5)      Basa kukut gham lapah                                   10)       siji akhir petuah
Dagu dang ghang laya                                                ingokko dang lupa
Mata ngeliyak lakahan                                                akuk jadi anggunan
Api sai dihatok pindah                                                api maknani kidah
Anjak alam dunia                                                        seghom mati di gula
Selayin kain kafan                                                       pahomko kuti sayan
 
                                                                                    Sumber: A. Effendi Sanusi        
Adek ghik Amai Adek anjak Lebbu
 
Adok sai ragah      : Amaini Amai Pangighan
Adokni                  : Pengighan Bangsa Ghaja
 
Pepaccogh/wawancan
Pepaccur ngedok fungsi: 1) sebagai media penyampaian luhot atau amanat,2) befungsi sebagai media guwai ngelestariko bahasa ghik sastra Lampung.
c.       Contoh pepaccogh guwai ngamai ghik ngini adek anjak batangan
1.      Adok sai ragah   : Jaya Umpuan Mega
2.      Adok sai sebai    : Inaini Inai Ratu
                             Adekni Ratu Mahkota                                                           
Dialek A
1)      Syukur alhamdullilah                          6)         hubungan gham di luwah
Tigoh judumu ganta                                        ina perlu dibina
Dendang segala badan                                                perlu sakai sambaian
Kekalau kutighua tuwah                                             najin kak sumang badan
Ina sai ghupa dua                                                        pagun juga beguna
Kiluian  haguk Tuhan                                      tetangga kiri kanan
2)      Siji ngedok amanah                                         7)         tungga  hulun sai susah
Tetuju di kuti ghua                                                      tesambat pudak waya
Anjak kaban kemaman                                                unjak ki lagi badan
Cuba dipilah-pilah                                                       pudak selalu wewah
Ki bakal ngedok guna                                     tehadop sapa juga
Akuk jadi angguan                                                      betikko laku sai supan
 
3)      Pertama, beibadah                                           8)         adik waghimu nyah
Sembahyang waktu lima                                             sai di udi atau sai di ja
Dang sappai ketinggalan                                             unyin perlu nihan bimbingan
Kirim munih fatehah                                       jadi anak tuha mak mudah
Tehadap sai kak mena                                     ia musti bijaksana
Kipak sai lagi tengan                                       di lom segala tindakan
 
4)      Suwa pungu tengadah                                    9)         basing ghupa maslah
Kilu ampun dusa                                                         perlu berencana
Serta selamat badan                                                    jama kaban wewarian
Najin mak dacok kiwah                                              najin sepuluh mudah
Cukuplah sederhana                                        sebelas gham betanya
Asal mak kekurangan                                      mangi mak salah jalan
 
5)      Basa kukut gham lapah                                   10)       siji akhir petuah
Dagu dang ghang laya                                                ingokko dang lupa
Mata ngeliyak lakahan                                                akuk jadi anggunan
Api sai dihatok pindah                                                api maknani kidah
Anjak alam dunia                                                        seghom mati di gula
Selayin kain kafan                                                       pahomko kuti sayan
 
                                                                                    Sumber: A. Effendi Sanusi
        
Adek ghik Amai Adek anjak Lebbu
 
Adok sai ragah      : Amaini Amai Pangighan
Adokni                  : Pengighan Bangsa Ghaja
 
Pepaccogh/wawancan

1)      Pengighan Bangsa Raja                                  5)         api lagi zaman ganta

Cecumbu anjak lebbu                                      ilmu betambah maju

Ngelama di Jaga Baya                                                sapa sai mak ngelinga

Ngelebbu di Labuhan Ratu                             ia tinggal mapah dagu

 

2)      Tegosni cawa sa                                              6)         tebitta di agama

Dang nikgu ghagu-ghagu                                            sembahyang lima waktu

Anjak lebbu tigoh kelama                                           ghena munih puasa

Asal usulni tattu                                                          keghjako kuti selalu

 

3)      Tengisko cawa sa                                            7)         sina tanda gham beagama

Panggoh sikam di niku                                                mak cuma ngaku-ngaku

Kekalau ia wat guna                                       sebab mak ngedok guna

Di kuti anak uppu                                                       ki hangngas kak di dagu

 

4)      Dang mak nemon bekeghja                 8)         cukup pai antak ija

Dang besai ini itu                                                        panggoh sikam diniku

Disiplin sai utama                                                        mahhap pun ngalimpugha

Dang lalai jama wattu                                     kattu wat cawa teliyu

 

                                                                                    Sumber : A. Effendi Sanusi


Tema                           :  Lamban Pok Tinggal
Sub Tema                    : 1.  Lamban Balak
                                      2.  Nowou Lepuk

Jenis-Jenis Banguna

            Berbagai jenis bangunan yang bentuk struktur, fungsi, ragam kias dan cara pembuatannya diwariskan secara turun temurun serta dapat dipakai untuk melakukan aktifitas kehidupan dengan sebaik-baiknya, yang penying diantaranya adalah : 1. Bangunan tempat tinggal, 2. Bangunan tempat melakukan ibadah atau tempat pemujaan, 3. Bangunan musyawarah, dan 4. Bangunan  menyimpan bahan makanan pokok ( padi) atau benda-benda pusaka. Bagi masyarakat Lampung jenis-jenis bangunan tersebut masih dapat dibedakan menurut sifat pemakaian/ penggunaannya. Ada jenis bangunan yang dipakai/digunakan secara tetap/ permanen sesuai dengan fungsi jenis bangunan itu dan ada pula yang dipakai/digunakan hanya pada waktu/ keadaan tertentu saja atau bersifat sementara.

            Jenis bangunan tempat tinggal yang digunakan secara permanen/ tetap sesuai dengan fungsinya ada dua macam, yaitu rumah tempat tinggal untuk orang biasa/ rakyat dan rumah tempat tinggal kepala adat/ penyimbang. Rumah tempat tinggal untuk rakyat biasa dinamakan lamban/lambahan/nuwou sedangkan rumah tempat tinggal kepala adat/ penyimbang dinamakan lamban/nuwou balak, bangunan tempat melakukan ibadah atau tempat pemujaan yang digunakan secara tetap sesuai dengan fungsinya yaitu masjid/ mesigit. Jenis bangunan tempat musyawarah tidak ada yang penggunaannya bersifat sementara.

RUMAH TEMPAT TINGGAL

            Nama bangunan ini di Lampung ialah: Lamban/nuwou/Lambahan, lamban adalah nama yang lebih banyak dipakai oleh orang Lampung yang bersifat “ Sebatin “ yang juga dikenal dengan sebutan beberapa kelompok masyarakat Lampung, yaitu Lampung Pesisir. Nowou adalah nama yang dipegunakan oleh masyarakat Lampung yang beradat “ Pepadun “, sedangkan lambahan juga dipakai oleh orang Lampung yang beradat Pepadun, tetapi bahasanya termasuk bahasa/logat Lampung Pesisir, termasuk juga bahasa Komering. Memang untuk pengertian bangunan itulah nama yang dipakai oleh orang Lampung(lamban/nowou/lambahan), kemudian pada kedudukannya berdasarkan siapa yang menghuni rumah ini, ia akan mendapat tambahan predikat, berdasarkan strata kepenyimbangan (kepala adat). Bagi rumah penyimbang kampong (kepala adat/ kampong/tiyuh/anek) rumah tempat tinggalkepala adat ini disebut Lamban balak, Lamban lunik bagi rumah penyimbang suku ( bagian dari kampong), penamaan ini untuk Lampung Pesisir, sedangkan untuk daerah Lampung Pepadun tentunya bernama: Nowou balak/ lambahan balak.

Sketsa pembagian/ bagian rumah tradisional
            Uraian : 1. Garang hadap

                          2. lepau/ beranda/penghadap

                            3. lapang luar

                           4.lapang lom

                           5.kamar/bilik anak tuha (anak sulung)

                            6.kamar/bilik ayah/ibu(pimpinan rumah)

                            Dapat menjadi kamar anak tuha bila ia telah berkeluarga dan orang                                                                                                           tua pindah ke kamar no 7

                          7. kamar muli ( gadis) dan nenek/ anak-anak yang kecil ( belum dewasa)

                          8. tengah resi, bagian sisi kanan dapat dijadikan kamar kakek dan nenek atau buyut.

                          9. sudung

                        10. geragal/jembatan/jerambah

                        11. dapor/pawon/sakelak

                        12. garang kudan ( garang dapur)

                        13.simpeng/haluan/lebuh kiri ( bagian muli)

                        14.simpeng/haluan/lebuh kanan (bagian meranai)

                        15. lebuh/ haluan/kudan/juyu

Keterangan:

                        1.Garang hadap adalahbagian depan sebelah kanan rumah tempat mula-mula sampai setelah menaiki tangga, di garang ini tempat mencuci kaki atau meletakkan terompah/bakiak, dan atau peralatan lain yang tidak layak dibawa masuk rumah.

                        2.lepau/beranda/pengadap ialah bagian depan rumah

Lebuh yang disana terdapat kursi/bangku panjang serta meja, sebagian tempat istirahat,atau tempat menerima tamu dekat dan sanak family yang dekat ( dari pekon/tiyuh)

                        3. lapang luar ialah ruangan untuk bermusyawarah; tempat tidur tamu ( dengan memasang tabir dan digelarkan tikar atau kasur)

                        4.lapang lom: ialah ruang tengah rumah yang dibagi-bagi lagi oleh kamar-kamar/bilik dan tebelar.

                        5.tengah resi : ruang musyawarah bagi kaum wanita dan juga tempat menginapnya tamu wanita.

                        6. sudung/serudu: bagian rumah selanjutnya, yang dipakai sebagai ruang makan dan gudang tempat menyimpan beras serta barang pecah balah.

                        7. geragal/jembatan : bagian  penghubung antara rumah dan dapur, geragal ini memakai atap yang hamper sama tingginya dengan atap dapur.

                        8.dapur/pawon: ialah tempat sakelak ( tungku) dan peralatan memasak.

                        9.garang kudan/dapur: tempat mula-mula tiba di dapur, dari tangan dapur.

                        10. kudan/juyu : pekarangan di belakang rumah.

            Bentuk-bentuk bagian dan susunan ruangan yang tertera pada uraian di atas adalah bentuk/ bagian ruangan rumah yang mewah yang pada umumnya milik penyimbang ( kepala adat) baik ia kepala kampong ( Penyimbang Pekon) apalagi kalau ia kepala adat marga ( Penyimbang Marga/penyimbang buay). Mungkin juga milik orang yang berada/ kaya, yaitu orang biasa yang berhasil dalam usahanya ( biasanya hasil kebun). Orang kaya ini akhirnya nanti akan mengangkat namanya menjadi kepala adat yang disebut cakak pepadun (istilah Lampung yang beradat Pepadun dan Lampung bagian barat), angkat nama istilah orang Lampung bagian Selatan. Sehingga dapatlah ditarik asumsi bahwa apabila kita menemukan sebuah rumah tradisional yang pembagian ruangan dan bentuk bangunannya seperti diuraikan dalam sketsa-sketsa di atas, bangunan/rumah itu adalah rumah kepala adat yang disebut lamban balak/nowou balak.

            
Tema                           : Mantra
Sub Tema                    : 1.Mantra  obat         
                                      2. Mantra penjagaan diri

MANTRA 

1.      Pengertian

Mantra  adalah perkataan atau ucapan yang dapat mendatangkan daya gaib, seperti dapat menyembuhkan penyakit, dapat mendatangkan celaka dsb. Dalam kehidupan etnis lampung, mantra dikenal dengan istilah memmang.

Fungsi
Bagi yang percaya terhadap kekuatan,  mantra memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
1.      Memperkuat mental dan rasa percaya diri
2.      Mengusir roh jahat, misalnya kesurupan
3.      Mengobati orang yang sakit
4.      Mengalahkan kekuatan alam sekitar, misalnya menjinakkan binatang buas
5.      Menundukkan hati seseorang 
3.      Bentuk
Umumnya mantra  berbentuk frasa (kelompok kata) atau berbentuk kalimat. Frasa atau kalimat itu ada yang tersusun berirama seperti pantun.
Contoh mantra.
1.1.            Mantra untuk menyembuhkan penyakit
1.1.1.      Mantra untuk menyembuhkan penyakit sakit kepala
(O) hak tawar, biso tawar, layen nyak sai ngeguwai tawar, Allah sai nawarei
(A) hak tawagh, bisa tawagh, layin nyak sai ngeguwai tawagh, Allah sai nawaghi
1.1.2.      Mantra untuk menyembuhkan penyakit sakit gigi
(O) wegh buleu di unggak kayeu, ruttuh segalo wegh. Hak tawar, biso tawar, layen nyak sai ngeguwai tawar, Allah sai nawarie. Berkat lailaha illallah, Muhammad Rosulullah
(A) ughol bulu di unggak kayu, ghunttuh segala ughol. Hak tawagh, layin nyak sai ngeguwai tawagh, Allah sai nawaghi. Beghkat lailaha illallah Muhammad Rosulullah
 
1.1.3.      Mantra untuk menyembuhkan penyakit bengkak
(O) tahllui kicak di lem karung, tallui punyeu di lem basei. Nalui sai, kewo urung, talui ketigo mak jadei.
(A) tahlui kicak di lom kaghung, tahlui iwa dilom basi. Nalui sai, keghua ughung talui ketellu mak jadi
1.2.            Mantra untuk kebaikan diri
1.2.1.      Mantra pada saat mandi
(O) Kutimbuk  wai bungo, milei dikanan kirei.
Aghat segalo cello, nyak geggeh bidodarei
(A)kutimbuk wai bunga, mili dikanan kighi.
Lebbon segala cella, nyak geggoh bidadaghi
 
      4.2.2.   Mantra pada saat berpakaian
(O)bulung pandan di pinggir wai, ghisek dibileng puyuh
Cutik dandan kupakai, keterimo ditubuh
(A)bulung pandan di pinggegh wai, ghisok dikitai puyuh
Cutik dandan kupakai, keteghima ditubuh
 
4.2.3    Mantra  agar disegani orang
(O)ngegeleppegh naga sattei, ijo sai gurumeu
Tunduk segalo penunggeu bumei, sembah gurumeu
Berkat la ilaha illallah, Muhammad Rasulullah
(A)ngegeleppogh naga satti, iji sai gughumu
Tunduk segala penunggu bumi, sembah gughumu
Beghkat la ilaha illallah, Muhammad Rasulullah

Diatas telah dikemukakan beberapa contoh mantra yang terdapat dalam kehidupan etnis lampung. Berbicara tentang mantra, berarti kita berbicara tentang kepercayaan. Kepercayaan bersifat perseorangan. Apakah beberapa contoh mantra yang dikemukakan diatas masih memiliki kekuatan gaib atau masih ampuh? Jawaban dari pertanyaan itu dikembalikan kepada kepercayaan masing-masing orang.
 
Sumber : Sastra Lisan Lampung Unila
Oleh : Effendi Sanusi halaman 71-75


Tidak ada komentar:

Posting Komentar