Senin, 09 Januari 2023

Math

 Matematika 


Kelas 9

Kesebangunan dan Kekongruenan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini dengan diberikan sebuah permasalahan terkait kesebangunan, peserta didik dapat 
menyajikan hasil pembelajaran tentang kesebangunan dan kekongruenan


Pengertian Kesebangunan

Kesebangunan berasal dari kata sebangun yang artinya bangun yang sama. Kesebangunan dapat dilambangkan dengan tanda (~). Menurut para ahli, pengertian kesebangunan bangun datar ialah dua atau lebih bangun datar yang mempunyai perbandingan besar sudut dan panjang sisi sisinya. dua atua lebih bangun datar dapat dikatakan sebangun jika memiliki ciri ciri:

  • Sudut sudut bangun datar sesuai dan sama besarnya.
  • Setiap sisi baik panjang dan lebar memiliki perbandingan yang sama.

Berdasarkan syarat kesebangunan bangun datar diatas dapat disimpulkan bahwa meskipun dua buah bangun memiliki bentuk yang sama namun lebar dan panjang yang berbeda asalkan sesuai perbandinganya maka dua buah bangun tersebut dapat dikatakan sebangun atau memiliki sifat kesebangunan. Singkatnya rumus yang digunakan dalam kesebangunan tersebut hampir sama dengan rumus perbandingan senilai. Adapun rumus kesebangunan bangun datarnya yaitu:

Materi Kesebangunan Bangun Datar (Pengertian, Rumus, dan Contoh)
Rumus Kesebangunan Bangun Datar


Selesaiakan masalah kesebangunan pada lembar LKPD secara berkelompok, lalu presentasikan hasil diskusi di depan kelas. Kemudian secara individu selesaikan latihan soal dibawah ini.

Ayo Berlatih!

Tanpa ada langkah langkah pengerjaan yang diberikan, Coba Selesaikanlah masalah dibawah ini dengan konsep kesebangunan yang sudah kamu pelajari.

Pada karton berukuran tinggi 30 cm dan lebar 20 cm ditempel sebuah foto. Ternyata, Sisa karton di sebelah kiri, kanan, atas foto 2 cm. Jika foto dan karton sebangun, Maka dengan konsep perbandingan sisi bersesuaian tentukanlah lebar karton dibawah foto.



 







Kelas 7

Perbandingan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini dengan diberikan sebuah permasalahan terkait perbandingan, peserta didik dapat m
enjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda.


Menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda

Dalam kehidupan sehari-hari sering dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda. Misalnya kecepatan rata-rata Iwan mengendarai sepeda motor adalah 40 km per jam. Pernyataan tersebut membandingkan dua besaran yakni besaran panjang dan besaran waktu yang keduanya memiliki satuan yang berbeda yakni km dan jam.

Contoh lain dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda yakni:

  1. Kurs Rupiah terhadap Euro adalah Rp 15.000,00 per Euro. (kurs rupiah terhadap Euro)
  2. Harga gula di pasar Sukamaju yakni Rp 10.000,00 per kg. (harga gula terhadap massanya (kg))
  3. Iwan membeli 4 lusin buku tulis isian 38 lembar dengan harga Rp 36.000,00 per lusin. (harga buku terhadap banyaknya buku (lusin))
  4. Sepeda motor yang diklaim sebagai motor hemat BBM mampu menempuh jarak 15 km dengan menghabiskan 1 liter bensin. (jarak (km) terhadap volume bensin (liter))
  5. Petani yang menggunakan bibit unggul mampu menghasilkan 100 karung padi dalam 1 hektar sawah. (banyaknya padi (karung) terhadap luas sawah (hektar))

Selesaiakan masalah perbandingan pada lembar LKPD secara berkelompok, lalu presentasikan hasil diskusi di depan kelas. Kemudian secara individu selesaikan latihan soal dibawah ini.

Ayo Berlatih!

1.   Pembibitan karet UD Mutiara Hijau, Desa Pargarutan Baru, memproduksi bibit unggul untuk varietas tanaman karet dengan target produksi 1.500 liter getah karet dari 200 pohon. Berapa banyak getah karet yang dapat dihasilkan dari satu pohon karet?

2.     Jantung tikus berdetak 840 kali dalam 2 menit, jantung marmut berdetak 1.200 kali dalam 4 menit, dan jantung kelinci berdetak 1.025 kali dalam 5 menit. Hewan manakah yang berdetak lebih banyak dalam satu jam?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar