Matematika
Kelas IX
Transformasi
3.5 Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar peserta didik dapat mengidentifikasi masalah di sekitar yang melibatkan
transformasi (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi)
Ayo berlatih!
1. Titik A(7, -6) ditranslasikan oleh T = (-2, 4), maka koordinat titik A’ adalah...
2. Titik P(2, 1) dicerminkan terhadap sumbu Y, maka P’ adalah...
3. Titik (-4, 2) direfleksikan terhadap garis y = -x. Koordinat titik bayangannya adalah...
4. Koordinat bayangan titik C (9, -6) didilatasi terhadap titik pusat O dengan faktor skala – 1/3 adalah ...
Matematika
Kelas VIII
SPLDV
3.5 Menjelaskan
sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar peserta didik dapat menentukan nilai variabel persamaan linear dua
variabel dalam kehidupan sehari-hari
Contoh
Keliling sebuah persegi panjang adalah 64 cm.
Jika diubah menjadi persamaan linear dua variabel, maka pernyataan tersebut menjadi ....
Pembahasan
:
Rumus keliling persegi panjang = (2 x panjang) + (2 x lebar)
Missal p = panjang
l = lebar
Bentuk persamaan linear akan menjadi : 2p + 2l =64
Ayo Berlatih!
1. Seorang
pedagang menjual 3 buah pensil dan 5 buah buku seharga Rp 19.500,00.
Jika diubah menjadi persamaan linear dua variabel, maka pernyataan tersebut
menjadi ....
2. Himpunan
penyelesaian dari sistem persamaan x + y = 12, x – y = 4 adalah ....
3. Himpunan
penyelesaian dari sistem persamaan x - y = 6, x + y = 10 adalah ....
Matematika
Kelas VII
Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai
Capaian Pembelajaran
Peserta
didik dapat membaca, menuliskan, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan
rasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat dan bilangan berpangkat tak sebenarnya,
bilangan dengan menggunakan notasi ilmiah. Mereka dapat melakukan operasi
aritmetika pada ragam bilangan tersebut dengan beberapa cara dan menggunakannya
dalam menyelesaikan masalah Mereka dapat mengklasifikasi himpunan bilangan real
dengan menggunakan diagram Venn. Mereka dapat memberikan estimasi/perkiraan
hasil operasi aritmetika pada bilangan real dengan mengajukan alasan yang masuk
akal (argumentasi). Mereka dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian
rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.
Alur tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar peserta didik dapat menggunakan perbandingan senilai dan berbalik nilai
untuk mengetahui kejadian tertentu dan memecahkan masalah.
Perbandingan Senilai
Contoh Soal
Harga 5 buah buku tulis Rp 7.500,00. Berapa harga 8 buah buku tulis?
Jawab:
Cara 1 (Berdasarkan perhitungan satuan)
Harga 5 buah buku = Rp 7.500,00
Harga 1 buah buku = Rp 7.500,00 : 5 = Rp 1.500,00
Harga 8 buah buku = 8 x Rp 1.500,00 = Rp 12.000,00
Cara 2 (Berdasarkan perhitungan perbandingan)
Banyak buku Harga (Rp)
5 ................... Rp 7.500,00
8 ................... p
Diselesaikan dengan perkalian silang
a x p = n x b
5 x p = 7.500 x 8
5p = 60.000
p = 60.000 : 5 = 12.000
Jadi harga 8 buah buku tulis adalah Rp 12.000,00
Perbandingan Berbalik Nilai
Contoh
Soal
Sebuah pondok pesantren putri memiliki persediaan beras yang cukup untuk 35
anak selama 24 hari. Berapa hari beras itu akan habis jika penghuni pondok
bertambah 5 anak?
Jawab:
Cara 2 (Berdasarkan perhitungan
perbandingan)
Banyak anak Banyak
hari
35
...................
24
35 + 5
................... p
Diselesaikan dengan perkalian silang
p x b = a x n
p x 40 = 35 x 24
40p = 840
p = 840 : 40 = 21
Jadi beras akan habis selama 21 hari
Ayo Berlatih!
1. Harga 6 meter kain Rp 90.000,00. Harga 25 meter kain adalah adalah ....
2. Sebuah mobil memerlukan 5 liter bensin untuk menempuh jarak 60 km. Jika
mobil tersebut menghabiskan 40 liter bensin, maka jarak yang ditempuh adalah
....
3. Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 25 orang dalam waktu 32 hari.
Jika dikerjakan oleh 20 orang maka akan selesai dalam .... hari.
4. Sebuah ruangan yang kotor memerlukan waktu 18 menit apabila dibersihkan
oleh 5 orang. Bila ruangan tersebut hanya dibersihkan oleh 3 orang, maka waktu
yang diperlukan adalah ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar