Matematika
Kelas 9
Kekongruenan dan kesebangunan
3.6 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
KEGIATAN 1
SIFAT
SEGITIGA-SEGITIGA KONGRUEN
Masalah
Guru Matematika Rihanna memberikan PR
mengenai kekongruenan pada segitiga. Ada
4 segitiga yang diberikan, dan Rihanna harus
menentukan pasangan segitiga yang
kongruen. Namun, Rihanna tidak tahu bagai-
mana cara menentukan pasangan segitiga
yang kongruen. Untuk menentukannya,
maka Rihanna
harus tahu sifat dua segitiga
yang kongruen. Menurutmu, pasangan
segitiga manakah yang kongruen?
Untuk menyelesaikan permasalahan di
atas, coba lakukan kegiatan berikut.
1.
Jiplaklah ΔABC pada kertas milimeter dengan
ukuran yang tepat sama seperti gambar di atas.
2.
Guntinglah segitiga tersebut.
3.
Taruhlah guntingan ΔABC tadi tepat di atas
ΔABC pada gambar di atas. Guntingan ΔABC tersebut akan tepat menempati segitiga
ΔABC yang ada pada gambar di atas.
4.
Dengan cara yang sama dengan langkah 3,
lakukan agar guntingan ΔABC dapat tepat menempati segitiga yang lain. Apabila
sudah menemukan pasangannya, lengkapilah titik-titik berikut :
ΔABC dapat tepat
menempati Δ.............
5.
Kemudian ukur dan catatlah panjang sisi-sisi
dan besar sudut segitiga ΔABC dan pasangannya pada tabel berikut :
ΔABC |
Δ............ |
||
Panjang
Sisi |
Besar
Sudut |
Panjang
Sisi |
Besar
Sudut |
AB = ................ cm |
|
......... = ............... cm |
|
BC = ................ cm |
|
......... = ............... cm |
|
...... = ................ cm |
|
......... = ............... cm |
|
6.
Lakukan langkah 1 – 4 terhadap ΔPQR.
ΔPQR
dapat tepat menempati Δ..............
7.
Kemudian ukur dan catatlah panjang
sisi-sisi dan besar sudut segitiga ΔPQR dan pasangannya pada tabel berikut :
ΔPQR |
Δ............ |
||
Panjang
Sisi |
Besar
Sudut |
Panjang
Sisi |
Besar
Sudut |
PQ = ................ cm |
|
......... = ............... cm |
|
QR = ................ cm |
|
......... = ............... cm |
|
...... = ................ cm |
|
......... = ............... cm |
|
8.
Dari tabel 5 dan 7, diperoleh informasi
bahwa :
a.
Sisi-sisi yang bersesuaian pada ΔABC dan
Δ................, yaitu AB = ......., BC = ......., ....... = .......
Sisi-sisi yang
bersesuaian pada ΔPQR dan Δ................., yaitu PQ = ........, PR =
........, ....... = .......
b. Sudut-sudut
yang bersesuaian pada ΔABC dan Δ................, yaitu BAC =
........,
ABC =
........,
........ =
.........
Sudut-sudut yang
bersesuaian pada ΔPQR dan Δ................., yaitu RPQ =
........,
PQR =
........,
........ =
.........
- Pasangan sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang.
- Besar sudut yang bersesuaian sama besar.
3.7 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
- Sudut keliling yang menghadap diameter lingkaran besarnya 90°
- Sudut keliling yang menghadap busur yang sama, besar sudutnya sama
- Jumlah besar sudut keliling yang saling berhadapan adalah 180°.
Tentukan nilai x.
Kelas 7
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar