Kamis, 18 Januari 2024

Math

Matematika 


Kelas 9

Kekongruenan dan kesebangunan

3.6       Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.

Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini dengan diberikan sebuah permasalahan terkait kesebangunan, peserta didik dapat menyebutkan syarat-syarat kekongruenan segitiga dengan criteria sisi-sisi-sisi dengan benar dan tepat dan dapat menyebutkan syarat-syarat kekongruenan segitiga dengan criteria sisi-sudut-sisi dengan benar dan tepat 


KEGIATAN 1


SIFAT SEGITIGA-SEGITIGA KONGRUEN


 

 

Masalah

Guru Matematika Rihanna memberikan PR

mengenai kekongruenan pada segitiga. Ada

4 segitiga yang diberikan, dan Rihanna harus

menentukan pasangan segitiga yang

kongruen. Namun, Rihanna tidak tahu bagai-

mana cara menentukan pasangan segitiga

yang kongruen. Untuk menentukannya,

maka  Rihanna harus tahu sifat dua segitiga

yang kongruen. Menurutmu, pasangan

segitiga manakah yang kongruen?

 



 

 

Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, coba lakukan kegiatan berikut.

1.        Jiplaklah ΔABC pada kertas milimeter dengan ukuran yang tepat sama seperti gambar di atas.

2.        Guntinglah segitiga tersebut.

3.        Taruhlah guntingan ΔABC tadi tepat di atas ΔABC pada gambar di atas. Guntingan ΔABC tersebut akan tepat menempati segitiga ΔABC yang ada pada gambar di atas.

4.        Dengan cara yang sama dengan langkah 3, lakukan agar guntingan ΔABC dapat tepat menempati segitiga yang lain. Apabila sudah menemukan pasangannya, lengkapilah titik-titik berikut :

ΔABC dapat tepat menempati Δ.............

5.        Kemudian ukur dan catatlah panjang sisi-sisi dan besar sudut segitiga ΔABC dan pasangannya pada tabel berikut :

ΔABC

Δ............

Panjang Sisi

Besar Sudut

Panjang Sisi

Besar Sudut

AB = ................ cm

BAC = ............

......... = ............... cm

 ........ = ............

BC = ................ cm

ABC = ............

......... = ............... cm

 ........ = ............

...... = ................ cm

 ........ = ............

......... = ............... cm

 ........ = ............

 

6.        Lakukan langkah 1 – 4 terhadap ΔPQR.

ΔPQR dapat tepat menempati Δ..............

7.        Kemudian ukur dan catatlah panjang sisi-sisi dan besar sudut segitiga ΔPQR dan pasangannya pada tabel berikut :

ΔPQR

Δ............

Panjang Sisi

Besar Sudut

Panjang Sisi

Besar Sudut

PQ = ................ cm

RPQ = .............

......... = ............... cm

 ........ = ............

QR = ................ cm

PQR = .............

......... = ............... cm

 ........ = ............

...... = ................ cm

 ....... = .............

......... = ............... cm

 ........ = ............

 

8.        Dari tabel 5 dan 7, diperoleh informasi bahwa :

a.    Sisi-sisi yang bersesuaian pada ΔABC dan Δ................, yaitu AB = ......., BC = ......., ....... = .......

Sisi-sisi yang bersesuaian pada ΔPQR dan Δ................., yaitu PQ = ........, PR = ........, ....... = .......

b.  Sudut-sudut yang bersesuaian pada ΔABC dan Δ................, yaitu BAC = ........, ABC = ........,  ........ =  .........

Sudut-sudut yang bersesuaian pada ΔPQR dan Δ................., yaitu RPQ = ........, PQR = ........,  ........ =  .........



Perlu diingat!
Dua buah bangun atau lebih dapat dikatakan saling kongruen jika memenuhi dua syarat:
  • Pasangan sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang.
  • Besar sudut yang bersesuaian sama besar.
 

 

    Kelas 8


Lingkaran
  

3.7          Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.

Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah peserta didik dapat menentukan hubungan sudut pusat dengan sudut keliling.


Pengertian
Sudut pusat adalah sudut yang terbentuk oleh dua buah jari-jari. Sudut pusat juga dapat diartikan sebagai sudut yang titik sudutnya di pusat lingkaran dan kaki sudutnya jari-jari.
Jika sudut pusat terbentuk oleh bertemunya dua buah jari-jari pada titik pusat, sudut keliling dapat diartikan sebagai sudut yang terbentuk oleh bertemunya dua buah tali busur.


Amati hubungan sudut pusat dengan sudut keliling Lingkaran pada video berikut:

Kesimpulkan bahwa hubungan antara sudut pusat dan sudut keliling adalah sebagai berikut: "Besar sudut pusat sama dengan dua kali sudut keliling jika kedua sudut tersebut menghadap busur yang sama".
sifat-sifat sudut pusat dan sudut keliling:
  • Sudut keliling yang menghadap diameter lingkaran besarnya 90°
  • Sudut keliling yang menghadap busur yang sama, besar sudutnya sama
  • Jumlah besar sudut keliling yang saling berhadapan adalah 180°.

Ayo Berlatih!
1. Selesaikan soal no 1 essai pada buku cetak halaman 77.
2. Diberikan sebuah lingkaran sebagai berikut!

Tentukan nilai x.



 


   Kelas 7


Perbandingan

Capaian Pembelajaran
Di akhir fase D, peserta didik dapat membaca, menuliskan, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat dan bilangan berpangkat tak sebenarnya, bilangan dengan menggunakan notasi ilmiah. Mereka dapat melakukan operasi aritmetika pada ragam bilangan tersebut dengan beberapa cara dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah Mereka dapat mengklasifikasi himpunan bilangan real dengan menggunakan diagram Venn. Mereka dapat memberikan estimasi/perkiraan hasil operasi aritmetika pada bilangan real dengan mengajukan alasan yang masuk akal (argumentasi). Mereka dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.

Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah peserta didik dari peristiwa tertentu, dapat memahami arti koordinat.dapat menggambar grafik perbandingan menggunakan ide koordinat.









 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar