Selasa, 30 November 2021

Math 7

  Matematika


Kelas VII

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel


Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sholeh sholehah! Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Matematika. 

Walaupun dirumah saja selalu jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun dan jangan lupa beribadah kepada Alloh SWT.
Sudah melaksanakan shalat dhuha kah? semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan sholat dhuha dan sholat lima waktunya ya.


Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.

Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah  agar siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah pelajari materi tentang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Silahkan kalian kerjakan beberapa soal pada link berikut:


Silahkan bertanya jika ada yang belum paham. Kirimkan foto kalian saat mengerjakan ya anak-anak.


Sekian pembelajaran kita hari ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.
Tetap melaksanakan 5M semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Terimakasih.


Waalaikumsalam Wr. Wb.

Selasa, 23 November 2021

Math 8

 Matematika


Kelas VIII

Persamaan Linear Dua Variabel


Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sholeh sholehah! Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Matematika. 

Walaupun dirumah saja selalu jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun dan jangan lupa beribadah kepada Alloh SWT.
Sudah melaksanakan shalat dhuha kah? semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan sholat dhuha dan sholat lima waktunya ya.

Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah siswa dapat Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam kehidupan sehari-hari


Ayo kita pelajari materi berikut:
Salah satu manfaat SPLDV dalam matematika khususnya menentukan koordinat titik potong dua garis, menentukan persamaan garis, menentukan konstanta-konstanta pada suatu persamaan.

Permasalahan-permasalahan tersebut bias mengenai angka dan bilangan, umur, uang, investasi dan bisnis , ukuran, sembako,gerakan dan lain-lain.

Membuat model matematika dari masalah sehari-hari.

Anak-anak juga dapat melihat pada video berikut:

Silahkan bertanya jika ada yang belum paham besok saat PTM. Terimakasih. 

Selesaikan soal berikut:

1. Harga sebuah buku dan sebuah pensil RP 5.500,- harga 2 buku dan 3 buah pensil RP 12.500,-. Selesaikan persamaan diatas!


Sekian pembelajaran kita hari ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.
Tetap melaksanakan 5M semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Terimakasih.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Senin, 22 November 2021

Math 7

 Matematika


Kelas VII

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel


Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sholeh sholehah! Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Matematika. 

Walaupun dirumah saja selalu jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun dan jangan lupa beribadah kepada Alloh SWT.
Sudah melaksanakan shalat dhuha kah? semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan sholat dhuha dan sholat lima waktunya ya.


Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.

Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah  agar siswa dapat menentukan nilai variabel dalam pertidaksamaan linear satu variabel.

Sekarang ayo kita mulai pelajari materinya 

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PTLSV)

Yang membedakan pertidaksamaan linear satu variabel dengan persamaan linear satu variabel yang paling mendasar adalah kalo di PLSV itu identik dengan sama dengan, di PTLSV kita tidak menggunakan tanda ‘=’ (sama dengan) lagi, melainkan menggunakan beberapa tanda sebagai berikut:

  • < : lebih kecil dari
  • > : lebih besar dari
  • ≤ : lebih kecil sama dengan
  • ≥ : lebih besar sama dengan

Sama seperti persamaan linear satu variabel, pertidaksamaan linear satu variabel juga merupakan kalimat terbuka, dimana belum kita ketahui kebenarannya, dan juga pada PTLSV juga berlaku keharusan yang sama pada ruas kiri maupun ruas kanan.
Misalnya 2x – 6 > 0, kita coba kerjakan dengan pengerjaan di kedua sisi.

2x – 6        > 0
2x – 6 + 6 > 0 + 6
2x               > 6
2x/2           > 6/2
x                 > 3
maka nilai x lebih besar dari 3 (x = 4, 5 ,6 , ...)

Jika persamaannya kita ubah sedikit
-2x – 6        < 0
-2x – 6 + 6 < 0 + 6
-2x               < 6
(-2x)/(-2)  < 6/(-2)
x                  > -3
maka nilai x lebih besar  dari -3

Kenapa tanda di akhirnya berubah dari < “lebih kecil dari” menjadi > “lebih besar dari” ? karena jika hasilnya tetap x< -3 maka, hasilnya pada saat x dimasukkan ke persamaan akan tidak sesuai dengan ketentuan persamaan itu sendiri dimana seharusnya < 0. Dapat kita buktikan dengan mmemasukan ke persamaan di atas dengan nilai x < -3.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sifat dari ketidaksamaan linear satu variabel ketika dikali atau dibagi bilangan bulat bersifat minus (-), tanda di akhir akan berubah sebaliknya. 


Setelah mempelajari materi diatas, jika ingin mencatat boleh tuliskan di buku tulis matematika kalian. Silahkan bertanya jika ada yang belum paham.


Sekian pembelajaran kita hari ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.
Tetap melaksanakan 5M semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Terimakasih.


Waalaikumsalam Wr. Wb.

Kamis, 18 November 2021

Math 9

  Matematika


Kelas IX


Transformasi


Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sholeh sholehah! Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Matematika. 

Walaupun dirumah saja selalu jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun dan jangan lupa beribadah kepada Alloh SWT.
Sudah melaksanakan shalat dhuha kah? semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan sholat dhuha dan sholat lima waktunya ya.

Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan transformasi


Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang transformasi.
Sebagai pengingat ada 4 macam transformasi geometri, yaitu:
1. Translasi (pergeseran)
2. Refleksi (pencerminan)
3. Rotasi (perputaran)
4. Dilatasi (perkalian)

Silahkan kerjakan soal pada link berikut untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian.

Sekian pembelajaran kita hari ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.
Tetap melaksanakan 5M semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Terimakasih.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Selasa, 16 November 2021

Math 8

 Matematika


Kelas VIII

Persamaan Garis Lurus

Menganalisis  fungsi linear  (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan  dengan masalah kontekstual 


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sholeh sholehah! Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Matematika. 

Walaupun dirumah saja selalu jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun dan jangan lupa beribadah kepada Alloh SWT.
Sudah melaksanakan shalat dhuha kah? semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan sholat dhuha dan sholat lima waktunya ya.

Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah dapat menjelaskan nilai fungsi dan grafik fungsi pada koordinat Kartesius.

Ayo kita pelajari materi berikut:

Silahkan bertanya jika ada yang belum paham besok saat PTM. Terimakasih. 


Sekian pembelajaran kita hari ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.
Tetap melaksanakan 5M semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Terimakasih.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Math 7

  Matematika


Kelas VII

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel


Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sholeh sholehah! Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Matematika. 

Walaupun dirumah saja selalu jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun dan jangan lupa beribadah kepada Alloh SWT.
Sudah melaksanakan shalat dhuha kah? semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan sholat dhuha dan sholat lima waktunya ya.


Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.

Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah  agar siswa dapat menentukan nilai variabel dalam persamaan linear satu variabel.

Sekarang ayo kita mulai pelajari materinya 

Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)

Sesuai dengan namanya yaitu “persamaan linear satu variabel” atau biasa disingkat menjadi PLSV, persamaan disini diidentikkan dengan tanda “=” (sama dengan) dan mengandung 1 (satu) variabel. Pada dasarnya, persamaan linear satu variabel merupakan suatu persamaan berbentuk kalimat terbuka yang dihubungkan dengan tanda “=” (sama dengan) dan hanya mengandung atau memiliki 1 variabel. 

Karena konsep dasarnya kalimat terbuka merupakan kalimat yang belum dapat diketahui kebenarannya, bisa jadi benar, bisa jadi salah. Contohnya, x + 4= 9, jika x = 5 maka, kalimat tersebut bernilai benar, karena benar bahwa 5 + 4 = 9, tapi jika x= 1, maka kalimat tersebut bernilai salah, karena 1 + 4 = 5, bukan 9. 

Kalimat tertutup itu kebalikannya dari kalimat terbuka alias sudah diketahui kebenarannya, misalnya 2 + 2 = 4, atau 5 > 3, dan lain-lain.

Pada umumnya bentuk persamaan linear satu variabel adalah 

ax + b = 0

Dimana a= koefisien; b= konstanta; dan x= variabel. 

Perlu diingat bahwa variabel yang digunakan tidak harus variabel x, x di persamaan tersebut hanya melambangkan atau mewakilkan variabel, contohnya 2y + 5 = 0, dimana koefisiennya adalah 2, variabelnya adalah y, dan konstantanya adalah 5

Coba sekali lagi 4p – 4 = 0, maka koefisiennya adalah 4, variabelnya adalah p, dan konstantanya adalah -4 

Nah jika seperti itu, maka kita perlu melakukan beberapa hal agar menjadi sama dengan 0. Berikut contoh penyelesaiannya, 

konsep persamaan PLSV

Perlu diingat! bahwa apapun yang kalian lakukan pada ruas kiri baik itu menambah (+), mengurang (-), mengali (x), dan membagi (:), harus kalian lakukan juga pada ruas kanan, begitu juga berlaku sebaliknya. Kenapa? Agar kedua ruas tetap sama.

Jadi bagaimana menyelesaikannya?

konsep persamaan PLSV 1


Jika anak-anak sudah paham dan terbiasa dengan konsep di atas, sekarang kita bisa mengerjakan persamaan PLSV tanpa harus menulis atau menjabarkan satu persatu yang kita lakukan di ruas kiri dan ruas kanan, melainkan kita dapat melakukan yang namanya pindah ruas. Kita gunakan persamaan yang sama dengan sebelumnya namun dengan melakukan pindah ruas. 

konsep persamaan PLSV 2

Hasilnya sama aja kan? Metode pengerjaan ini akan lebih mempercepat kalian dalam mengerjakan soal, yang penting kalian sering-sering aja latihan soal, pasti bisa lancar, yang penting kalian ingat bahwa pada dasarnya kita melakukannya pada kedua ruas, baik ruas kiri maupun kanan. 

contoh soal persamaan linear satu variabel PLSV


Setelah mempelajari materi diatas, jika ingin mencatat boleh tuliskan di buku tulis matematika kalian. Silahkan bertanya jika ada yang belum paham.

Silahkan kerjakan soal dibuku cetak halaman 272 nomor 3a dan nomor 4a dibuku tulis kalian. Kemudian kirimkan ke wa ibu ya. Terimakasih.


Sekian pembelajaran kita hari ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.
Tetap melaksanakan 5M semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Terimakasih.


Waalaikumsalam Wr. Wb.

Kamis, 11 November 2021

Math 9

 Matematika


Kelas IX


Transformasi

Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sholeh sholehah! Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Matematika. 

Walaupun dirumah saja selalu jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun dan jangan lupa beribadah kepada Alloh SWT.
Sudah melaksanakan shalat dhuha kah? semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan sholat dhuha dan sholat lima waktunya ya.

Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah dapat mengidentifikasi masalah di sekitar yang melibatkan transformasi (refleksi,  translasi, rotasi, dan dilatasi) 


Silahkan simak video berikut saat PTM nanti kita akan membentuk kelompok diskusi.
Transformasi
Transformasi geometri merupakan perubahan posisi (perpindahan) dari suatu posisi awal (x , y) ke posisi lain (x’ , y’).

Ada 4 macam transformasi geometri, yaitu:
1. Translasi (pergeseran)
2. Refleksi (pencerminan)
3. Rotasi (perputaran)
4. Dilatasi (perkalian)

Sekian pembelajaran kita hari ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.
Tetap melaksanakan 5M semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Terimakasih.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Senin, 08 November 2021

Math 7

  Matematika


Kelas VII

Aljabar


> Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) 
> Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar

 
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi sholeh sholehah! Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita selalu dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu kembali dalam pelajaran Matematika. 

Walaupun dirumah saja selalu jaga kesehatan, cuci tangan dengan sabun dan jangan lupa beribadah kepada Alloh SWT.
Sudah melaksanakan shalat dhuha kah? semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan sholat dhuha dan sholat lima waktunya ya.


Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah  agar dapat menyelesaikan bentuk aljabar dalam masalah nyata


Sekarang ayo kita mulai pelajari materinya 
Terlebih dahulu mari mengingat materi sebelumnya ya
Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar
Sederhanakan bentuk aljabar 2x + 3y + 7x - 2y?
Penyelesaian:
# urutkan suku-suku yang sejenis

2x + 3y + 7x - 2y 
= 2x + 7x + 3y - 2y
= (2x + 7x) + (3y - 2y)
= 9x + y

Operasi Perkalian
  • 2y × 3 = 6y
  • (3y + x) × 4 
    = (3y × 4) + (x × 4) 
    = 12y + 4x
  • 3yz × 7 = 21yz
  • y × y = y2
  • 2yz × y = 2y2z
Operasi Pembagian



Operasi Perpangkatan

Contoh lain

1.      Pada sebuah persegi panjang adalah (2x – 5) cm dan lebarnya (x + 2) cm. Tentukan keliling persegi tersebut dalam x !

penyelesaian:
Keliling persegi panjang = 2 panjang + 2 lebar 
                                             = 2 (2x-5) + 2 (x+2)
                                             = 4x -10 + 2x +4
                                             = 4x + 2x -10 +4
                                             = 6x -6

Setelah memebaca materi diatas silahkan buka link berikut:

Ayo kerjakan soal pada link berikut:

Setelah mempelajari materi diatas, jika ingin mencatat boleh tuliskan di buku tulis matematika kalian. Silahkan bertanya jika ada yang belum paham.


Sekian pembelajaran kita hari ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua.
Tetap melaksanakan 5M semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.
Terimakasih.


Waalaikumsalam Wr. Wb.