Kamis, 30 Maret 2023

Math

 

Matematika 


Kelas 7

Garis dan sudut

3.10        Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

4.10        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal 


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis transversal.


Ayo kita amati video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=S7DTOsGjtxc


Ayo kita berlatih

1. Perhatikan gambar!

Tentukan nilai x, y dan z!



Matematika


Kelas 8

Statistika

3.10        Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi

4.10        Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi




Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Tujuan pembelajaram hari ini adalah agar peserta didik dapat memahami cara menentukan rata-rata, median, modus, dan sebaran data.




Ayo kita amati video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=XMGk5W-3RA4


Pada buku cetak halaman 249 kita akan membahas contoh soal bersama-sama silahkan bertanya jika ada yang belum dipahami. Jika tidak ada pertanyaan kita lanjutkan dengan latihan soal berikut:

Tentukan mean, median dan modus dari data diatas!










Selasa, 28 Maret 2023

Math

 Matematika


Kelas 8

Statistika

3.10        Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi

4.10        Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi




Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Tujuan pembelajaram hari ini adalah agar peserta didik dapat menjelaskan contoh penyajian data dari berbagai sumber media koran, majalah, atau televisi.



Ayo kita amati video berikut:


Ayo berlatih!


Dari data diatas tentukan:
1. Penjualan tertinggi pada bulan apa?
2. Penjualan terendah pada bulan apa?
3. Rata-rata penjualan kue Rina selama 3 bulan adalah?



Matematika

Kelas 9


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Hari ini mari kita membahas soal-soal Latihan Ujian Sekolah.







Senin, 27 Maret 2023

Math

Matematika


Kelas 9


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Hari ini mari kita membahas soal-soal Latihan Ujian Sekolah.





Kelas 7

Garis dan sudut

3.10        Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

4.10        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal 


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis transversal.


Ayo kita amati video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=S7DTOsGjtxc


Ayo kita berlatih

1. Perhatikan gambar!

Tentukan nilai x, y dan z!





Kamis, 09 Maret 2023

Math

 Matematika


Kelas 7


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul).


Ayo amati gambar berikut! Apa yang kalian ketahui tentang gambar?



suatu daerah yang dibentuk oleh dua sinar atau garis yang saling berpotongan, yang titik pangkalnya berimpit atau sama disebut sudut.

Untuk lebih memahami lagi mari kita saksikan video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=v2PgCc5O4Bc


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Jika sebuah sudut memiliki besar 89 derajat, sudut tersebut disebut sudut?

2. Jika sebuah sudut mempunyai besar 0 derajat, sudut tersebut dinamakan sudut?

3. Sudut pada sebuah persegi panjang disebut sudut?

4. Jika dua buah sudut pada sebuah segitiga besarnya kurang dari 45 derajat, satu sudut lagi termasuk sudut? Lancip, siku-siku, atau tumpul?



Selasa, 07 Maret 2023

Math



Matematika


Kelas 8

Bangun ruang sisi ldatar

3.9       Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

4.9          Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Tujuan pembelajaram hari ini adalah agar peserta didik dapat menaksir luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya melalui ilustrasi yang ditunjukkan dan Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar.


Silahkan selesaikan soal-soal berikut:


Hitunglah luas dan volume pada bangun ruang sisi datar diatas!





Matematika


Kelas 9


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Hari ini kita akan membahas kisi-kisi LUS tahun 2023 sebagai berikut:







Senin, 06 Maret 2023

Math

 Matematika


Kelas 7

Garis dan Sudut

3.10        Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

4.10        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal 


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Tujuan pembelajaram hari ini adalah agar peserta didik dapat:
Membagi garis menjadi beberapa bagian sama panjang


Simak video berikut ini:


Ayo berlatih pada buku cetak halaman 129 nomor 1.






Minggu, 05 Maret 2023

SEGHUIT

 SEGHUIT

 

Dialek  A

     Gham seunyinni kak pandai tettang kanikan tradisional suku lappung iyulah seghuit.Seghuit sinji digeghingi sapa gawoh,sanak-sanak,meghanai,muli,emak-emak,apak-apak ghik hulun tuha.Api sebabni? Sebab kanian sinji dapok ngehatongko  ghasa bangik mengan,apilagi lamun  mawas di waktu gham lagi betoh.Ganta di mahan-mahan pok jualan kanikan nyediako kanikan sinji.

     Kandungan gizini sebanding jama pak sihat,sai teghdiri anjak kan/mi, gegulaian, sambol,bebuahan ghik iwa.Lamun dibandingko jama kanikan siap saji sai lagi ngetop,seghuit sinji lebih sihat sebab mak ngedok bahan kimiani,segar ghik alami. Ghik-ghik haga nyuba ghepa caghani ngeguwai seghuit? Sina gappang nihan,peghatiko hal-hal di bah sinji:

Porsi 5 jelma

1.Bahan-bahan

    -cabi balak 100 gram

    -cabi lunik 0,25 gram

    -tiyung melaka atau tomat 100 gram

    -bawang suluh 4 siung

    -dilan 1 biji

    -limau sate 3 buah

    -iwa secukupni,dapok iwa patin,mas, kembung, kalang,tukkul,lamon sai baghihni

    -Gegulaian(selada, kol,kemangi tiyung,leppang,bulung kikim sai ghadu dipajak,

      bulung gedang,hayum) secukupni.

    -mi/kan (1 kg)

2.Cagha nyanik/ngeguwaini

    -Kan/mi dimasak gegoh biasani

    -Gegulaian dipajak,kecuali kol,selada,leppang,tiyung lalap.

    -Cabi balak,cabi lunik ghik 4 siung bawang suluh digiling halus

    -Kughukko tiyung melaka,digiling halus

    -peghes limau sate dikughukko digilingan cabe,tiyung melaka jeno.

    -Tambahko iwa nutuk digiling sappai halus   jeno

    -Sajiko dilom keadaan kan /mi lagi hadop.

    -Dapok ditambah jama kanikan baghih sesuai jama kegeghingan/kedemonan gham

      Pesayan/tenggalan.

Dilom nikmati kanikan sinji bangikni di guwai jejama. Sebab jejama sina dapok lebih ningkatko silaturahmi,saling begughau ghik hati jadi senang.

                                                                                                               

                                                                                                

  SEGHUIT

 Dialek O

    Gham seunyinno kak pandai tettang kan`an  tradisional sekeu lappung iyulah seghuit. Seghuit ijo diilingi sapou gaweh,sanak-sanak,meghanai,mulei,emak-emak,apak-apak jamo hulun tuho. Nyou sebabno? Sebab kan`an ijo dapek megeghko ghaso iling mengan,nyou lagi lamen dawah di wattu gham lagi betteh.Tano di nuwo-nuwo pek  jualan kan`an nyediako kan`an ijo.

    Seghuit ijo begizi jamo ngandung unsur pak sihat iyolah mei, gegulaian, sambol,bebuahan jamo punyeu.Lamen dibandingko jamo kan`an siap sajei sai lagi ngetop,seghuit ijo lebih sihat sebab mak mekkou bahan kimiano,segar jamo alamei. Jamo-jamo agou nyubo geh kedou caghono ngeguwai seghuit? Ino gappang temmen,peghatiko hal-hal di deh ijo:                    

Porsi 5 jimo

1.Bahan-bahan

   -cabi balak 100 gram

   -cabi lunik 0.25 gram

   -tiyung medigho atau tomat 100 gram

   -bawang suluh 4 siung

   -dilan 1 biji

   -limau sate 3 buah

   -punyeu secukupno dapek punyeu patin,mas,kembung,kalang,tukkul,nayah lagi sai

    baghihni

   -gegulaian (selada,kol,kemangi,tiyung,leppang,bulung kikim sai ghadu di pajak,

    bulung gedang,hayum) secukupno.

   -mei (1 kg)

2.Cagho ngeguwaino

   -mei dimasak geggeh biasano

   -gegulaian di pajak, kecuali selada,kol,kemangi,leppang,tiyung lalap.

   -cabi balak,cabi lunik jamo 4 siung bawang suluh digiling halus.

   -kughukko tiyung medigho,giling halus

   -peres limau sate dikughukko digilingan cabi jamo tiyung medigho jinno.

   -tambahko punyeu nutuk digiling sappai halus dicampoghan jinno

   -sajiko dilom/dilem keadaan mei lagei  andep

   -dapek ditambah jamo mengannan baghih sesuai jamo keilingan gham sayan

Dilem ngeghasako menganan ijo bangikno lamen jejamoan sebab dilem bejamo gham dapek lebih ningkatko silaturahmi ,saling begughau, jamo atei jadei iling.


                                                                                              Sumber Mak War 2005 

Jumat, 03 Maret 2023

Math

  Matematika


Kelas 8

Bangun ruang sisi datar

3.9       Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

4.9          Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Tujuan pembelajaram hari ini adalah agar peserta didik dapat menaksir luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya melalui ilustrasi yang ditunjukkan dan Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar.


Silahkan selesaikan soal-soal berikut:

1.    Diketahui sebuah kubus yang memiliki volume 13824 cm². Tentukanlah panjang sisi dari kubus.

2.    Seorang pedagang ikan hias ingin membuat sebuah kerangka akuarium dengan menggunakan aluminium. Kerangka tersebut berbentuk balok dengan ukuran 2 m x 1 m x 50 cm. Jika harga aluminium Rp30.000,00 per meter, maka biaya yang diperlukan untuk membuat kerangka akuarium tersebut adalah?

3. Diketahui limas persegi dengan keliling alas 96 cm dan tinggi 9 cm. Volume limas tersebut adalah?




Matematika


Kelas 7

Garis dan Sudut

3.10        Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

4.10        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal 


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Tujuan pembelajaram hari ini adalah agar peserta didik dapat:
- memahami dan menjelaskan hubungan antar garis
- menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berhimpit, berpotongan) melalui benda kongkrit


Simak video berikut ini:


Pelajari pada buku cetak halaman 106 tentang hubungan antar garis dan kedudukan dua garis.



Jawablah soal-soal berikut:
1.Apa prebedaan ruas garis dengan garis lurus?
2.Garis yang diawali oleh satu titik disebut ….
3.Berikan contoh yang merupakan garis sejajar adalah adalah ….
4.Garis yang bepotongan tegak lurus dengan garis yang lain disebut garis ….

5. Dua garis yang saling sejajar pada bangun trapezium berikut adalah ….


Kamis, 02 Maret 2023

Math

 Matematika


Kelas 8

Bangun ruang sisi ldatar

3.9       Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)

4.9          Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Tujuan pembelajaram hari ini adalah agar peserta didik dapat menaksir luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya melalui ilustrasi yang ditunjukkan dan Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar.


Silahkan selesaikan soal-soal berikut:

1.    Diketahui sebuah kubus yang memiliki volume 13824 cm². Tentukanlah panjang sisi dari kubus.

2.    Seorang pedagang ikan hias ingin membuat sebuah kerangka akuarium dengan menggunakan aluminium. Kerangka tersebut berbentuk balok dengan ukuran 2 m x 1 m x 50 cm. Jika harga aluminium Rp30.000,00 per meter, maka biaya yang diperlukan untuk membuat kerangka akuarium tersebut adalah?

3. Diketahui limas persegi dengan keliling alas 96 cm dan tinggi 9 cm. Volume limas tersebut adalah?




Matematika


Kelas 7

Garis dan Sudut

3.10        Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal

4.10        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal 


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Tujuan pembelajaram hari ini adalah agar peserta didik dapat:
- memahami dan menjelaskan hubungan antar garis
- menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berhimpit, berpotongan) melalui benda kongkrit


Simak video berikut ini:


Pelajari pada buku cetak halaman 106 tentang hubungan antar garis dan kedudukan dua garis.



Jawablah soal-soal berikut:
1.Apa prebedaan ruas garis dengan garis lurus?
2.Garis yang diawali oleh satu titik disebut ….
3.Berikan contoh yang merupakan garis sejajar adalah adalah ….
4.Garis yang bepotongan tegak lurus dengan garis yang lain disebut garis ….

5. Dua garis yang saling sejajar pada bangun trapezium berikut adalah ….