Jumat, 26 Mei 2023

Bahasa Lampung

 Bahasa Lampung

Kelas 7

7.3 1 Mengidentifikasi, menelaah dan memahami teks isi biografi tokoh sesuai dengan kaidah-kaidahnya .

7.4.1 Mengidentifikasi, menelaah dan memahami teks isi biografi tokoh sesuai dengan kaidah-kaidahnya 

Tujuan pemnelajaran hari ini adalah peserta didik dapat menyebutkan kata tanya dan kesesuaiantemawawancara

Petunjuk      : Bacalah teks di bah sinji guwai ngejawab soal nomor 1 s.d 7!

Tema wawancara pandai bucawa lampung

Soal

A.                 

ratih cawa, :“ 1) ....... gelaghmu ?”

 

nita, :” gelagku Nita sikam 2)...... di SMPN2 Bandar Lampung.

 

ratih :” anjak kapan puskam 3)....... jama Bahasa lampung ?

 

nita  :” iyuu, 4) ….... haga pandai bucawa lappung sanggok dapok jadi budayawan Lampung.

 

nita  : budayawan lampung sina 5)..........mu?


 

B.   Pilihan jawaban                  

1.    A. Sapa

B.   Gohpa

C.   Niku

D.   Puskam

 

2.    A. Di san

B.   Di Lamban

C.   Dikelas

D.   Di sekula

 

3.    A. ghehing

B.   Gham

C.   Kuti

D.   Sikam

 

4. A. Ia

B.   Beliau

C.   Niku

D.   Sekam

 

5. A. haga

     B. cita-cita

     C. Anjak dipa

     D. sapa


Bahasa Lampung 

Kelas 8


Tujuan pembelajaran hari ini adalah menyebutkan bahan-bahan membuat Seghuit dan menjelaskan cara membuat seghuit 

a.    Bentuk Soal Pilihan Ganda

Petunjuk       : Pilihlah jawaban sai paling tepat!           

Soal

1.Makanan tradisional masyarakat lappung iyulah....

a.    seghuit

b.    gudeg

c.     lapis legit

d.    soto

 

  2.Makanan tradisional masyarakat lappung diilingi jama/jamo...

                 a.ulun tuha/tuho

                 b.sanak-sanak

                 c.muli meghanai

                 d.jawaban a,b,c benogh

 

  3.Waktu sai tepat guwai acaro mengan gegoh/geggeh sai diunggak iyulah...

                 a.bingi/bingei

                 b.pagi/tukuk

                  c.mawas/dawah

                 d.mahayu/hayu

 

  4.Kandungang gizi menganan tradisional masyarakat lappung sina/hino      

               sebanding jama/jamo...

                a.lima/limo sempughna

                b.4 sihat 5 sempughna

                c.pak sihat  

                  d.biasa-biasa gawoh/biaso-biaso gaweh

 

 5.Makanan sai alami/alamei dapok/dapek nyihatko badan ghik/jamo mak

    Ngendok/mekkou...sai ngebahayako badan gham.Jawaban sai tepat guwai

    Ngisi titik-titik iyulah....

                

                 a.zat kimia

                 b.vitamin

                 c.karbohidrat               

                 d.zat adiktif

 

 6.Manfaat acaro mengan jejama/jejamo dapok/dapek...

                 a.mutusko silaturahmi

                 b.ngegelikko dana

                 c.ningkatko silaturahmi

                 d.ngejaga ketertiban.

 

 7.Di bah/deh iyulah bahan-bahan ngeguwai seghuit kecuali....

                 a.cabi

                 b.limau

                 c.tiyung melaka/medigho

                 d.jahik

    

 8.Di bah/deh hinji/ijo gegulaian sai cocok dipakai nyeghuit iyulah...

                a.selada,kol,kemangi,tiyung

                b.tiyung, kattu,lemasa

                c.kacang panjang,buncis jama/jamo hayum

                d.akan-akan,bulung kikim,ko

 

 9.Api/nyou sai dipeghesko tagan/tagen sambol ina/ino jadi sedop/sedep?

              Jawaban sai benogh guwai pertanyaan dilambung iyulah...

               a.limau

               b.tiyung melaka

               c.tempuyak

               d.kelapa

        

 10.Suwa/suwo sai cocok dipakai nyeghuit iyulah....

              a.tahu

              b.punyeu

              c.tempe

             d.daging manuk

        


Kamis, 25 Mei 2023

Math

Matematika

Kelas 7


Pengolahan Data

3.12        Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis,  diagram batang,  dan diagram lingkaran)

4.12        Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat mengolah data dalam kehidupan sehari-hari.



Penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram.
Simak video berikut:

Rumus Mencari Rata-Rata (Mean)










rumus mencari nilai rata-rata data tunggal berkelompok









Contoh 

Data nilai ulangan harian Matematika kelas VII

Tentukanlah mean, median dan modus

Penyelesaian:

Nilai rata-rata pakai rumus data tunggal berkelompok:


Median (Data Tengah)

Data tengah atau median adalah datum yang letaknya di tengah suatu kumpulan data, tapi dengan syarat datanya sudah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar.

Rumus Mencari Median







Contoh

Median dari data: 7, 8, 8, 9, 4, 3, 7, 9, 5, 7, 6, 5, 6 adalah ...

Penyelesaian:

Urutkan nilainya dari terkecil sampai terbesar

3, 4, 5, 5, 6, 6, 7, 7, 7, 8, 8, 9, 9 (n =13 termasuk data ganjil). Maka, kamu bisa menggunakan rumus median untuk data ganjil, yaitu:

Sehingga, diperoleh nilai mediannya adalah 7.


Modus (Nilai Sering Muncul)

Modus adalah nilai yang paling sering muncul.


Contoh 

Data nilai ulangan harian Matematika kelas VII

Tentukan modus dari data diatas

Penyelesaian:

Modus dari di atas adalah 7 karena memiliki frekuensi paling banyak atau yang paling sering muncul.



Selasa, 23 Mei 2023

Math

 Kelas 8


Peluang

3.11        Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan

4.11        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian  dari suatu percobaan



Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat memahami peluang teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh dari sekelompok data.



Saksikan video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=BsMyiMb278I



Selesaikan soal berikut

            Seorang melakuka pengunian dengan menggelindingkan dua mata dadu. Peluang teoritik muncul mata dadu ganjil atau bukan prima dari salah satu mata dadu yang muncul dalam pengundian tersebut adalah....




Senin, 22 Mei 2023

Math

  Matematika

Kelas 7


Segiempat dan segitiga

3.11        Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga  

4.11        Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat mengenal dan memahami bangun datar segiempat dan segitiga


Mari membahas sedikit tentang segiempat terlebih dahulu untuk mengingat kembali keliling dan luasnya.


Sebuah belah ketupat memiliki luas 180 cm². Jika panjang salah satu diagonalnya adalah 12 cm, maka panjang diagonal lainnya adalah…


Setelah itu mari saksikan video berikut tentang segitiga

Buatlah ringkasan dari video diatas di buku catatan kalian.

Selasa, 16 Mei 2023

Math



Matematika 

Kelas 8


Peluang

3.11        Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan

4.11        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian  dari suatu percobaan



Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat mengenal dan memahami bangun datar segiempat dan segitiga

Saksikan video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=FnrT-hpGgkE


Senin, 15 Mei 2023

Math

 Matematika

Kelas 7


Segiempat dan segitiga

3.11        Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga  

4.11        Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.

Tujuan pembelajaran hari ini adalah peserta didik dapat mengenal dan memahami bangun datar segiempat dan segitiga

Rumus



Saksikan video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=9nfLqcNLbh0



Jumat, 12 Mei 2023

Bahasa Lampung

 Bahasa Lampung

Kelas 7

Menanggapi dan mengungkapan  isi teks biografi tokoh   sesuai  dengan kaidah- kaidahnya secara  lisan dan tulisan

Tema                           : wawancara tokoh

Sub Tema                    : 1. Membaca teks wawancara tokoh (mendengarkan/membaca)



 



(Lampung, 1834 - Lampung, 5 Oktober 1856)

Raden Intan II alias Radin Inten II iyulah salah sai pahlawan nasional anjak Propinsi Lampung sai nemimpin peghlawanan rakyat Lampung wattungelawan penjajahan Belanda. Ulah jasa ghik pengoghbananni delongebela kepentingan rakyat, pemerintah ngeni penghargaan sebagai pahlawan nasional, khik disanikkomonumen di sekitar lokasi makamni di Kalianda Lampung Selatan. Radin Intan II sebenoghni putra anjak Raden Imba II, sedangko Raden Imba II iyulah putra anjak Radin Intan.


Radin Inten II 
iyulah putra tunggal Radin Imba II gelar Kesuma Ratu (1828-1834). Radin Imba II tenggalanputra sulung Radin Inten I gelagh Dalam Kesuma Ratu IV (1751-1828). Dengan demikian, Radin Inten II cucu anjak Radin Inten I.

Radin Inten II berjuang memimpin rakyat di daerah Lampung 
guwai mempertahanko kedaulatan ghik keutuhan wilayahni. Perjuanganni didukung secara luas oleh rakyat daerah Lampung ghik ngedapokko bantuan anjak daerah baghikgegoh dari Banten.

Penghargaan sai dikeni jama pemerintah Lampung iyulah
1. Namanya diabadikan sebagai nama sebuah Bandara dan nama perguruan tinggi IAIN di Lampung.
2.Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden RI No.048/TK/1998


Kegiatan Siswa

A. Tanya jawab kata-kata susah

B.   Ngejawab pertanyaan ;

1.      Sapa/Apou tokoh sai wat di wacana ina/hino ?

2.      Anjak dipa/Anjak kedou Radin intan II buasal ?

3.      Penghaghgaan api sai dikeni jama Radin intan II ?

4.      Ulah api radin intan II di sebut Pahlawan Nasional ?

5.      Gelagh radin intan ngisok digunako guwai gelar ?

6.      Karakter api gawoh sai wat delom dighi Raden Intan ?

7.      Dipa pok ni makam Radin Intan II?

8.      Radin Intan iyulah cucung anjak?





Bahasa Lampung

Kelas 8


Tema                          : Aksara Lampung

Sub Tema                  : Menyalin teks kedalam aksara lampung





Pah gham nulis ya!

Tulislah kalimat di bah sinji jama aksara Lampung!

1.    Mei bayeu

2.    Kawai buttung

3.    Kekui pai

4.    Mengan punyeu

5.    Lawang kaghei

6.    KUD

7.    LKMD

8.    DPRD

9.    BKD

10.  LPMP