Rabu, 20 November 2024

Math

Matematika

Kelas VII


Pertidaksamaan Linear satu variabel


Capaian Pembelajaran

Peserta didik dapat menyelesaikan pertidaksamaaan linear satu variabel melalui beberapa cara untuk penyelesaian masalah


Alur Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyelesaikan pertidaksamaaan linear satu variabel melalui beberapa cara untuk penyelesaian masalah


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.



Untuk mengetahui pengetahuan yang dimiliki maka selesaikan soal-soal dibawah ini dengan tepat!

          1. Di bawah ini yang termasuk pertidaksamaan linear satu variabel adalah ....

a. x  + 2y < 14

b. –x + 2y > 14x

c. 3 + 2x > 10

d.  x – 3y < 31

2. Tuliskan tanda yang digunakan dalam pertidaksamaan linear satu variable!

3. Penyelesaian dari pertidaksamaan x+3 ≥ 5x-1 adalah ....

4. Himpunan penyelesaian dari -7p+8 < 3p-22 untuk p bilangan bulat adalah ....











Matematika

Kelas VIII


Persamaan Linear dua variabel


Capaian Pembelajaran

Peserta didik dapat menyelesaikan persamaaan linear dua variabel melalui beberapa cara untuk penyelesaian masalah


Alur Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyelesaikan persamaaan linear dua variabel melalui beberapa cara untuk penyelesaian masalah


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.



Untuk mengetahui pengetahuan yang dimiliki maka selesaikan soal-soal dibawah ini dengan tepat!

1. Perhatikan persamaan-persamaan berikut!

1.     (i) 3p + 5q = 10
(II) 2x2 - 3y = 6
(III) 3y = 5x – 2
(IV) 3x + 5 = 2x – 3y
Yang bukan merupakan persamaan linear dua variabel adalah ....

      2.     Perhatikan persamaan-persamaan berikut !
(i) 15 – 5x = 23
(II) 5x = 20 – 3y
(III) x2 - y2 = 49
(IV) 3x2 + 6x + 12 = 0
Yang merupakan persamaan linear dua variabel adalah .... 

      3.     Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan x - y = 6 dan x + y = 10 adalah ....

      4.  Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 2x - 5y = 1 dan 4x - 3y = 9 adalah ....


Kamis, 14 November 2024

Math IX

Matematika

Kelas IX


Transformasi Geometri


Kompetensi Dasar

3.5       Menjelaskan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

4.5       Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)


Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menjelaskan dan menyajikan transformasi Rotasi (Perputaran)


Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.


Rotasi (Perputaran)

Rotasi adalah tranformasi geometri yang memutar suatu objek atau titik tertentu di sekitar titik pusat atau sumbu tertentu dengan sudut tertentu. Akan tetapi tetap mempertahankan bentuk dan ukuran objek tersebut. Pergeseran titik-titik tersebut dapat bergerak searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. Oleh karena itu, dalam rotasi ada kesepakatan mengenai tanda sudut. Jika titik-titik berputar searah jarum jam, sudut rotasi diberi tanda negatif. Sebaliknya, jika titik-titik berputar berlawanan arah jarum jam, sudut rotasi diberi tanda positif.


Mari simak video berikut:


Ayo berlatih!
1. Titik P (8, 5) dirotasikan sejauh 900 terhadap titik pusat O (0, 0) berlawanan arah jarum jam. Nilai P' adalah...

2. Bayangan dari titik A(-2, 3) yang dirotasikan sebesar 900 berlawanan arah jarum jam adalah...