Matematika
Kelas VII
SPLSV
Capaian Pembelajaran
Di akhir fase D peserta didik dapat menggunakan pola dalam bentuk konfigurasi objek dan bilangan untuk membuat prediksi. Mereka dapat menemukan sifat-sifat komutatif, asosiatif, dan distributif operasi aritmetika pada himpunan bilangan real dengan menggunakan pengertian “sama dengan”, mengenali pola, dan menggeneralisasikannya dalam persamaan aljabar. Mereka dapat menggunakan “variabel” dalam menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Mereka dapat menyajikan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dengan menggunakan relasi, fungsi linear, persamaan linear, gradien garis lurus di bidang koordinat Kartesius. Mereka dapat menyelesaikan sistem persaman linear dua variabel melalui beberapa cara. Mereka dapat menggunakan sifat-sifat operasi aritmetika dan “variabel” dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dengan berberapa cara, termasuk faktorisasi dan melengkapkan kuadrat sempurna.
Alur Tujuan Pembelajaran
Pertidaksamaan
pertidaksamaan linear satu variabel juga merupakan kalimat
terbuka, di mana belum diketahui kebenarannya, dan juga pada PTLSV juga berlaku
keharusan yang sama pada ruas kiri maupun ruas kanan.
Misalnya 2x – 6 > 0, kita coba kerjakan dengan pengerjaan
di kedua sisi.
Perhatikan di akhir tandanya berubah dari < “kurang
dari” menjadi > “lebih dari”. Karena jika hasilnya
tetap x< -3 maka, hasilnya pada saat x dimasukkan ke persamaan akan tidak
sesuai dengan ketentuan persamaan itu sendiri.
Persamaan linear satu variabel merupakan
suatu persamaan berbentuk kalimat terbuka yang dihubungkan dengan tanda “=”
(sama dengan) dan hanya memiliki 1 variabel.
Dikatakan
sebagai kalimat terbuka karena kalimatnya belum tahu bernilai benar atau salah.
contoh
x + 4= 9
Jika x = 5 maka, kalimat tersebut bernilai benar, karena
benar bahwa 5 + 4 = 9.
Namun jika x= 1, maka kalimat tersebut bernilai salah,
karena 1 + 4 = 5, bukan 9.
Sedangkan kalimat tertutup itu kebalikannya. Jadi, sudah diketahui kebenarannya, misalnya 2 + 2 = 4, atau 5 > 3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar