Matematika
Kelas VII
SPLSV
Capaian Pembelajaran
Di akhir fase D peserta didik dapat menggunakan pola dalam bentuk konfigurasi objek dan bilangan untuk membuat prediksi. Mereka dapat menemukan sifat-sifat komutatif, asosiatif, dan distributif operasi aritmetika pada himpunan bilangan real dengan menggunakan pengertian “sama dengan”, mengenali pola, dan menggeneralisasikannya dalam persamaan aljabar. Mereka dapat menggunakan “variabel” dalam menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Mereka dapat menyajikan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dengan menggunakan relasi, fungsi linear, persamaan linear, gradien garis lurus di bidang koordinat Kartesius. Mereka dapat menyelesaikan sistem persaman linear dua variabel melalui beberapa cara. Mereka dapat menggunakan sifat-sifat operasi aritmetika dan “variabel” dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dengan berberapa cara, termasuk faktorisasi dan melengkapkan kuadrat sempurna.
Alur Tujuan Pembelajaran
1. Persamaan di bawah ini yang termasuk
persamaan linear satu variabel adalah ....
a. x + 2y = 14
b. –x + 2y = 14x
c. 3 + 2x = 10
d. x – 3y = 31
2. Di bawah ini yang termasuk pertidaksamaan linear satu variabel adalah ....
a. x + 2y < 14
b. –x + 2y > 14x
c. 3 + 2x > 10
d. x – 3y < 31
3.
Variabel pada
persamaan 1⁄4 (x – 10)
= 2⁄3 x – 5
adalah ....
a. x
b. y
c. a
d. b
4.
Agar kalimat 4x − 5 = 3 bernilai benar, maka
nilai x harus sama dengan ...
a. 4
b. 3
c. 2
d. –1
5. Himpunan penyelesaian dari persamaan
dari 6a – 9 = 3a – 3 adalah…
a. –4
b. –2
c. 4
d. 2
6. Jika diketahui a + 5 = 11, maka nilai a
+ 33 adalah ....
a. 19
b. 29
c. 39
d. 49
7.
Nilai b
yang memenuhi persamaan 2b + 3 = 5b – 6 adalah ....
a.
2
b.
3
c.
4
d.
5
8. Jika diketahui a + 5 = 11, maka nilai a
+ 33 adalah ....
a. 19
b. 29
c. 39
d. 49
9. Jika 3(y + 2) + 5 = 2(y + 15), maka
nilai yadalah
…
a. – 19
b. 19
c. – 16
d. 16
10. Umur ayah 2 kali umur anaknya. Jika
selisih umur mereka adalah 20 tahun, maka, umur ayah adalah ....
tahun.
a. 30 tahun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar