Kamis, 11 Januari 2024

Math

 Matematika 

Kelas 9

Kekongruenan dan kesebangunan

3.6       Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.

Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini dengan diberikan sebuah permasalahan terkait kesebangunan, peserta didik dapat mengidentifikasi, mendeskrifsikan, dan menjelaskan syarat-syarat kesebangunan dengan baik dan benar.


Pengertian Kongruen

Secara sederhana, bangun datar kongruen adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan dua objek bangun datar yang sama persis. Baik secara ukuran, sudut, ataupun sifat. Sebagai contoh, dua buah segitiga baru bisa dikatakan kongruen jika memiliki sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar sehingga memiliki ukuran yang sama persis. Dalam matematika, tanda kongruen dilambangkan dengan simbol "≡" atau “≅" yang disebut “tanda sama dengan garis ganda”. Tanda ini artinya bahwa dua objek tersebut memiliki kesamaan yang sama persis. Penerapan kongruen dalam kehidupan sehari-hari adalah saat membuat jendela atau pintu rumah. Lubang jendela harus kongruen dengan daun jendela. Sehingga, daun jendela dapat terpasang dengan tepat dan rapi.

Data tinggi dan berat badan siswa kelas IX adalah sebagai berikut:

Nama

Berat Badan

Tinggi Badan

Anisa

137

49

Baha

141

53

Citra

141

50

Deny

137

49

Fani

140

53


Dari data diatas, berat dan tinggi badan siapakah yang kongruen?

Setelah dapat mengindentiikasi data diatas silahkan selesaiakn LKPD yang telah disipakan bersama kelompokmu.

Pertanyaan  :

1.   Dari gambar-gambar dalam LKPD carilah pasangan bidang :

       a.   Kongruen dengan tidak menyebutkan syaratnya.

       b.   Kongruen dengan menyebutkan syaratnya.    








Kelas 8

Lingkaran
  

3.7          Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.

Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah peserta didik dapat memahami pengertian lingkaran 

Pengertian Lingkaran


 


















Lingkaran adalah tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama dengan satu titik tertentu.  Yang dimaksud titik tertentu adalah titik pusat lingkaran, sedangkan jarak yang sama adalah jari-jari lingkaran. Nah, sebelum kita membahas mengenai keliling dan luas lingkaran.

Amati pengertian llebih lanjut tentang Lingkaran pada video berikut:

Setelah itu buat ringkasan atas apa yag kamu pahami di buku tulis lalu sebutkan contoh benda disekitar yang berbentuk lingkaran.


















Kelas 7

Perbandingan

Capaian Pembelajaran
Di akhir fase D, peserta didik dapat membaca, menuliskan, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat dan bilangan berpangkat tak sebenarnya, bilangan dengan menggunakan notasi ilmiah. Mereka dapat melakukan operasi aritmetika pada ragam bilangan tersebut dengan beberapa cara dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah Mereka dapat mengklasifikasi himpunan bilangan real dengan menggunakan diagram Venn. Mereka dapat memberikan estimasi/perkiraan hasil operasi aritmetika pada bilangan real dengan mengajukan alasan yang masuk akal (argumentasi). Mereka dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.

Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah peserta didik dari peristiwa tertentu, dimungkinkan untuk menemukan dua kuantitas yang berubah bersama-sama.

Amati video berikut:

Silahkan kerjakan soal-soal dibawah ini

1. Hasil dari prbadingan 2 jam dan 120 menit adalah …. menit

2. Terdapat 3 pohon aren penghasil gula aren. Pohon aren prertama menghasilkan 25 kg setiap0 1 bulan, pohon aren ke 2 mengasilkan 30 kg perbulan dan pohon aren yang ke 3 menghasilkan 20 gula aren perbulan. Berapa perbadningan gula aren setiap satu bulannya?

3. Saat Adi dan adiknya cek kesehatan dokter memeriksa detak jantung mereka. Detak jantung Adi 124 detakan dalam 1 menit. Sedangkan detak jantung adik Adi adalah 84 detankan setiap menit. Berapa perbandingan detak jantung Adi dan adiknya?

4. Ibu memiliki 240 pencil, 460 buku, dan 140 penghapus. Budi diberikan ¼ dari semua peralatan belajar yang dimiliki ibu. Berapa banyak alat tulis Budi dan tentukan perbandingan dari 3 alat tulis yang dimiliki Budi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar