Kelas 7
Perbandingan
Capaian Pembelajaran
Di akhir fase D, peserta didik dapat membaca, menuliskan, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat dan bilangan berpangkat tak sebenarnya, bilangan dengan menggunakan notasi ilmiah. Mereka dapat melakukan operasi aritmetika pada ragam bilangan tersebut dengan beberapa cara dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah Mereka dapat mengklasifikasi himpunan bilangan real dengan menggunakan diagram Venn. Mereka dapat memberikan estimasi/perkiraan hasil operasi aritmetika pada bilangan real dengan mengajukan alasan yang masuk akal (argumentasi). Mereka dapat menggunakan faktorisasi prima dan pengertian rasio (skala, proporsi, dan laju perubahan) dalam penyelesaian masalah.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah peserta didik dari peristiwa tertentu, dimungkinkan untuk dapat memperluas domain
ke bilangan negatif dan memahami arti perbandingan dan dapat memahami bahwa konstanta dapat
berupa bilangan negatif.
Perbandingan Senilai
Perbandingan senilai adalah jenis perbandingan dua variabel atau lebih yang suatu variabel bertambah, maka variabel yang lain juga bertambah. Misalnya harga sebuah pensil adalah 5.000, maka harga lima pensil adalah 25.000.
Mari kita bahas materi pada buku cetak halaman 129 tentang perbandingan senilai dan persamaan.
Catatan penting
jika y adalah fungsi dari x dan hubungan antara variabel x dan y dinyatakan sebagai y = ax, maka dikatakan bahwa y berbanding lurus dengan x.
Perlu diperhatikan bahwa a adalah konstanta yang tidak boleh 0. Dalam hal ini, a disebut konstanta perbandingan.
Kita selesaikan contoh soal halaman 132 pada buku cetak dengan mensubtitusikan ke persamaan y = ax.
Ayo berlatih!
Selesaikan soal 4 pada bulu cetak halaman 132
Tidak ada komentar:
Posting Komentar