Rabu, 27 April 2022

Math 8

 Matematika

Kelas VIII


Statistika

Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi



Marhaban ya Ramadhan.
Apa kabar sholeh sholehah?
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar peserta didik dapat Memahami cara menentukan rata-rata, median, modus, dan sebaran data.


Silahkan kerjakan soal pada link berikut:



Setelah kalian mengerjakan soal diatas silahkan kalian boleh mencatat hal-hal penting materi berikut pada buku tulis kalian. Tentang Menganalisis data berdasarkan ukuran pemusatan dan penyebaran data. Sebagai bahan pembelajaran dirumah.


Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat bagi kita. Tetap melaksanakan 5m ya semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin. Terimakasih

Wassalamualikum Wr. Wb.  

Senin, 25 April 2022

Math 7

 Matematika

Kelas VII


Segiempat dan segitiga

Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marhaban ya Ramadhan.
Apa kabar sholeh sholehah?
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar siswa dapat menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, trapezium,jajargenjang, belahketupat dan layang-layang juga segitiga


Silahkan klik berikut:

Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat bagi kita. Tetap melaksanakan 5m ya semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin. Terimakasih.

Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan berkah pahala yang melimpah.
Aamiin

Wassalamualikum Wr. Wb. 

Senin, 18 April 2022

Math 7

 Matematika

Kelas VII


Segiempat dan segitiga

Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marhaban ya Ramadhan.
Apa kabar sholeh sholehah?
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar siswa dapat Memahami jenis dan sifat persegi, persegi panjang, trapezium,jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya dan Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.



Silahkan kalian cari dan tuliskan rumus keliling dan luas segiempat dan segitiga serta berikan 1 contoh soal beserta jawabannya dibuku catatan. Referenssi boleh mencari dibuku cetak atau mencari di internet dan sumber lain ya atau bisa juga buka link berikut:

Kemudian foto dan kirimkan ke wa ibu ya.


Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat bagi kita. Tetap melaksanakan 5m ya semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin. Terimakasih

Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan berkah pahala yang melimpah.
Aamiin

Wassalamualikum Wr. Wb. 

Rabu, 13 April 2022

Math 8

 Matematika

Kelas VIII


Statistika

Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi



Marhaban ya Ramadhan.
Apa kabar sholeh sholehah?
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar peserta didik dapat Memahami cara menentukan rata-rata, median, modus, dan sebaran data.



1. Rata-rata atau Mean

Rata-rata disebut juga mean dengan lambang x (dibaca x bar). Kita bisa menghitung nilai rata-rata atau mean dari data tunggal dan data tunggal berkelompok atau berfrekuensi.  Apa ya bedanya data tunggal dan data tunggal berkelompok?

Jadi kalo data tunggal, kita mengumpulkan atau memperoleh data apa adanya (bisa berurutan atau acak) dan tidak mengelompokkannya ke tabel frekuensi. Contoh data tunggal :

Nilai Ujian Matematika kelas VIII-A

5   9   7   8   6   5
6   8   9   5   7   8
7   9   8   6   6   5
8   8   6   5   7   5
7   8   6   5   5   7


5,6,7,8,9 dari data diatas disebut datum atau bisa dibilang kalo datum itu masing-masing angka yang ada pada suatu data. Untuk memperoleh nilai rata-rata kita bisa membagi jumlah semua nilai atau datum-nya dengan banyaknya data. Nah, ini dia rumusnya:

Rumus rata-rata data tunggalBagaimana panjangnya tulisan, jika misalnya harus ngumpulin nilai dari 200 orang? tidak efisien. Solusinya kita bisa mengelompokkan data atau nilainya dengan tabel frekuensi atau bisa juga dibilang data tunggal berkelompok. Misalnya :

Nilai

5

6

7

8

9

Frekuensi

14

25

31

20

10

Untuk rumus data tunggal berkelompok, bisa ditulis seperti ini:

Rumus rata-rata data tunggal berkelompok

Kita coba yuk latihan soal pakai rumus-rumus itu!

Contoh soal rata-rata:

Data nilai ulangan harian IPA kelas VIII-1. Berapa banyak siswa di kelas itu yang nilainya lebih dari rata-rata?

Penyelesaian:
Cari dulu nilai rata-rata pakai rumus data tunggal berkelompok

Diperoleh nilai rata-ratanya adalah 6,625. Karena yang ditanya di soal itu banyak siswa yang nilainya di atas rata-rata, maka nilainya ada 7 sampai 10. Kalau kita total semua jumlah siswanya, ada sebanyak 21 siswa.

2. Median (Me)

Median adalah datum yang letaknya di tengah dari suatu data, tapi dengan syarat datanya sudah diurutkan dari yang terkecil sampai terbesar. Nah, pada bahasan median ini kamu bisa perhatikan jumlah data yang ada, misal datanya itu ganjil atau genap. 

Cara Mencari Median

Pada materi median, tiap rumus ada perbedaannya. 

Rumus cara mencari median
Untuk data berjumlah ganjil kamu bisa langsung ambil angka tengahnya, tapi untuk data berjumlah genap akan ada 2 angka yang ditengah. Jadi supaya kamu bisa peroleh nilai mediannya, harus pakai rumus yang berbeda. Tapi kalo kamu masih bingung dan nggak kebayang pakai rumusnya, mendingan kita langsung bahas soal yuk!

Contoh Soal Median: 

Soal 1
Median dari data: 7, 8, 8, 9, 4, 3, 7, 9, 5, 7, 6, 5, 6
Penyelesaian:


Ingat ! urutkan nilainya dari terkecil sampai terbesar
3, 4, 5, 5, 6, 6, 7, 7, 7, 8, 8, 9, 9 (n =13 termasuk data ganjil)

Maka diperoleh hasilnya adalah 7.

Soal 2
Median dari data berikut adalah ...

Penyelesaian:
Hitung banyaknya data yang ada 

Penyelesaian soal median


Jadi diperoleh nilai mediannya yaitu 7.

 

3. Modus (Mo)

Nah untuk topik yang ketiga ini pasti udah nggak asing lagi kan? Yap, modus atau nilai yang sering muncul, biasanya dilambangkan dengan Mo.

Kalau data yang kamu peroleh merupakan data tunggal berkelompok atau data yang dikelompokkan ke dalam tabel maka kamu bisa langsung lihat datum atau nilai dengan frekuensi paling tinggi. Tapi kalo data tunggal biasa kamu bisa tabel turus/ tally. Biar kamu paham kita ke contoh soal ya!

Contoh soal Modus

Modus dari data berikut adalah:
102, 108, 106, 107, 108
105, 107, 105, 108, 106
106, 106, 107, 102, 105
105, 102, 106, 105, 106
107, 106, 105, 106, 102
105, 107, 107, 106, 105
106, 106, 105, 107, 102

Penyelesaian :
Agar lebih mudah, buat dalam bentuk tabel turus seperti ini:

Tabel turus tally

Lihat dari frekuensi yang paling tinggi 11, jadi modus dari data itu adalah 106.

Nah kita udah bahas 3 ukuran pemusatan data nih, tapi sesuai janji di awal, kita bakal bahas cara mencari nilai salah satu siswa. Caranya itu mirip banget sama soal di bawah ini, jadi pahami ya!

Contoh soal rata-rata atau mean


Silahkan kalian boleh mencatat hal-hal penting materi diatas pada buku tulis kalian.  Kirimkan tugas dengan foto belajar ke wa ibu ya. Terimakasih.

Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat bagi kita. Tetap melaksanakan 5m ya semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin. Terimakasih

Wassalamualikum Wr. Wb. 

Senin, 11 April 2022

Math 7

Matematika

Kelas VII


Segiempat dan segitiga

Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marhaban ya Ramadhan.
Apa kabar sholeh sholehah?
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar siswa dapat Memahami jenis dan sifat persegi, persegi panjang, trapezium,jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya dan Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.



Silahkan kalian cari dan tuliskan rumus keliling dan luas segiempat dan segitiga serta berikan 1 contoh soal beserta jawabannya dibuku catatan. Referenssi boleh mencari dibuku cetak atau mencari di internet dan sumber lain ya atau bisa juga buka link berikut:

Kemudian foto dan kirimkan ke wa ibu ya.


Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat bagi kita. Tetap melaksanakan 5m ya semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin. Terimakasih

Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan berkah pahala yang melimpah.
Aamiin

Wassalamualikum Wr. Wb. 

Kamis, 07 April 2022

Math 9

Matematika

Kelas IX



Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar sholeh sholehah?
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar peserta didik dapat mempelajari kisi-kisi US tahun pelajaran 2021/2022.

Silahkan buka link kisi-kisi US berikut:

Berikut beberapa soal yang dapat kita jadikan latihan bersama saat PTM hari ini.






Bagi kelompok yang belum mengirimkan tugas sebelumnya masih ibu tunggu hari ini. Terimakasih.

Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat bagi kita. Tetap melaksanakan 5m ya semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin. Terimakasih.

Wassalamualikum Wr. Wb. 

Rabu, 06 April 2022

Math 8

  Matematika

Kelas VIII


Statistika

Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi



Marhaban ya Ramadhan.
Apa kabar sholeh sholehah?
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar peserta didik dapat Menjelaskan contoh penyajian data dari berbagai sumber media koran, majalah, atau televisi



Pengertian Data dan Statistika

Data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan. Informasi ini bisa berupa angka, lambang, atau keadaan objek yang sedang diamati. Misalnya, pada percobaan Biologi, kamu disuruh mengamati pertumbuhan tanaman kacang hijau.

Setiap beberapa hari sekali, kamu akan mencatat panjang batang tanaman untuk diamati pertumbuhannya. Dari hasil pengamatan itu, diperoleh catatan angka-angka panjang batang tanaman kacang hijau. Nah, angka-angka itulah yang kita sebut sebagai data.

Tabel Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau

tabel kacang hijau

Berdasarkan jenisnya, data dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

1. Data kualitatif 

Data kualitatif merupakan data yang menunjukkan sifat atau keadaan suatu objek dan tidak bisa diukur secara numerik. Contoh data, data kualitas beras bulan Februari 2020 yang kurang baik. 

2. Data kuantitatif 

Data kuantitatif merupakan data yang menunjukkan ukuran suatu objek, disajikan dalam bentuk angka, dan nilainya dapat berubah-ubah. Contoh data misalnya, data pertumbuhan panjang tanaman kacang hijau pada tabel di atas. 

Setelah data terkumpul, data-data itu kemudian akan disusun, diolah, dan dianalisis untuk diperoleh sebuah kesimpulan. Ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, menyusun, menyajikan, menganalisis, dan merepresentasikan data adalah statistika.


Perbedaan Populasi dan Sampel

Populasi merupakan keseluruhan objek yang menjadi sumber data penelitian. Populasi ini bisa berupa manusia, hewan, tumbuhan, peristiwa, dan lain sebagainya. Sementara itu, sampel adalah bagian dari populasi yang dapat menggambarkan sifat atau ciri populasi tersebut. Sampel harus benar-benar dapat mewakili dan mencerminkan karakteristik dari populasi yang menjadi objek penelitian.

Sebagai contoh populasi atau contoh sampel, jikatabel kamu ingin melakukan penelitian terhadap siswa di sekolahmu mengenai kegiatan ekstrakurikuler yang mereka pilih. Oleh karena itu, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa di sekolahmu.


Macam-Macam Penyajian Data

Terdapat dua cara untuk menyajikan data, yaitu dalam bentuk tabel dan diagram.

1. Penyajian Data dalam Bentuk Tabel

Tabel merupakan susunan data dalam bentuk baris dan kolom. Penyajian data dalam bentuk tabel berarti mengumpulkan data-data ke dalam kelompok yang sama pada suatu baris atau kolom, sehingga setiap kelompok memiliki frekuensi (jumlah).


Pada gambar tabel angka di atas, data dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu siswa yang menyukai es krim coklat, vanila, dan stroberi. Masing-masing kelompok memiliki frekuensi yang berbeda.

2. Penyajian Data dalam Bentuk Diagram

Penyajian data dalam bentuk diagram akan lebih menarik dibandingkan dalam bentuk tabel karena berbentuk gambar-gambar. Penyajian data bentuk ini dibedakan menjadi dua, yaitu diagram lingkaran dan diagram batang.

 

a. Diagram Lingkaran

Pada diagram lingkaran, data-data akan disajikan dalam bentuk lingkaran. Data-data ini telah dibagi menjadi juring-juring berdasarkan kelompoknya masing-masing.

Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Lingkaran

 

Kamu dapat melihat, juring yang paling besar menandakan frekuensi yang besar pula. Data-data pada diagram lingkaran dapat disajikan ke dalam persen maupun derajat.


b. Diagram Batang

Pada diagram batang, data-data akan disajikan dalam bentuk persegi panjang yang memanjang ke atas dan memiliki lebar yang sama. Setiap batang tidak boleh saling menempel dan harus memiliki jarak yang sama.

Statistika Diagram batang


Silahkan kalian boleh mencatat materi diatas pada buku tulis kalian. Tugas pertemuan kali ini adalah silahkan cari data yang berhubungan dengan bulan ramadhan dan idhul fitri kemudian sajikan data tersebut dalam bentuk tabel ataupun diagram (pilih salah satunya saja). Kirimkan tugas dengan foto belajar ke wa ibu ya. Terimakasih.

Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat bagi kita. Tetap melaksanakan 5m ya semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin. Terimakasih

Wassalamualikum Wr. Wb. 

Senin, 04 April 2022

Math 7

 Matematika

Kelas VII


Segiempat dan segitiga

Mengaitkan rumus keliling  dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marhaban ya Ramadhan.
Apa kabar sholeh sholehah?
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin.
Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika yang menyenangkan.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.
Sebelum memulai pembelajaran mari bersama-sama kita berdoa terlebih dahulu.
Tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini adalah agar siswa dapat Memahami jenis dan sifat persegi, persegi panjang, trapezium,jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya dan Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.




Carilah benda disekitar kalian yang jenis dan sifatnya menyerupai segiempat dan segitiga berhubungan dengan bulan penuh berkah Ramadhan dan Idul Fitri. Kemudian foto dan jelaskan menyerupai apa kirimkan ke wa ibu ya.


Semoga pembelajaran hari ini bermanfaat bagi kita. Tetap melaksanakan 5m ya semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin. Terimakasih

Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan berkah pahala yang melimpah.
Aamiin

Wassalamualikum Wr. Wb.