Senin, 21 Juli 2025

Math

Matematika

Kelas IX

Bilangan Berpangkat

Pertemuan 2


Media/alat peraga: Laptob dan LCD

Capaian Pembelajaran

Peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan  bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal. Bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam  notasi ilmiah.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan  bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal. 

- Memahami pangkat bilangan negatif dan pangkat nol

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.



Ayo simak materi!

Mari kita ingat kembali materi pada pertemuan sebelumnya tetang bilangan berpangkat positif. Setelah itu kita akan membahas bilangan berpangkat negatif dan berpangkat nol.

Eksponen adalah bilangan berpangkat, yakni bilangan yang dikalikan dengan dirinya sendiri hingga beberapa tingkat. Notasi pangkat digunakan untuk menuliskan berapa kali suatu bilangan dikalikan secara berulang dalam bentuk yang lebih sederhana.

Misalnya, kita memiliki faktor a yang dikalikan berulang sebanyak tiga kali, maka dapat ditulis:

a3 = a x a x a

Angka 3 dituliskan di sebelah kanan atas a, yang menunjukkan bahwa angka 3 ini merupakan pangkat dari a.

Contohnya, 23 = 2 x 2 x 2 = 8

Perhatikan bentuk:  an = a x a x a x … x a

a = bilangan pokok(basis)

n = pangkat

Bilangan berpangkat bisa terdiri atas bilangan dengan pangkat bulat positif (bilangan asli), bilangan dengan pangkat bulat negatif, bilangan dengan pangkat nol, bilangan dengan pangkat rasional, dan bilangan dengan pangkat riil.


Ayo Simak Video!
Pangkat negatif
Pangkat nol

Ayo Berlatih!

1. Sederhanakan dan nyatakan bentuk-bentuk berikut dalam bentuk pangkat bulat positif! a. p⁻³
b. 2p³q⁻⁴

2. Tentukan nilai perpangkatan berikut! a. 5⁸/5⁸
b. 3²2³ + 2³3¹/4⁰2²




Matematika

Kelas VIII

Pola Bilangan

Pertemuan 2


Media/alat peraga: Laptob dan LCD

Capaian Pembelajaran

Memprediksi dan menggeneralisasi pola dalam bentuk susunan benda dan bilangan.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengenali, memprediksi dan menggeneralisasi pola dalam  bentuk susunan benda(obyek) dan pola bilangan

- Mengenal beberapa bentuk pola bilangan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah hari ini dapat bertemu bersama untuk belajar matematika.
Selalu jaga kesehatan dan beribadah kepada Alloh SWT. Semoga selalu istiqomah dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat lima waktu.



Ayo simak materi!

Masih ingat ya materi pada pertemuan sebelumnya tentang pengertian pola bilangan. Hari ini kita akan mengenal beberapa bentuk pola bilangan yang lain.

Ayo Simak Video!

Contoh soal 1

Pada pola bilangan segitiga pascal, baris keenam adalah bilangan …

Pembahasan:

Un = 2n-1

→ 26-1 = 25 = 32

Ayo Berlatih!
  1. Pola barisan bilangan 1, 4, 7, 10, 13 adalah selisih...
  2. Satuan selanjutnya setelah 12, 17, 22, 27, …
  3. Suku ke-3 dari pola bilangan 16, 21, …., 31, 36
  4. Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 3, 8, 13, 18, 23 adalah ….

    1. U9 dari pola bilangan persegi panjang 2, 6, 12, … adalah …

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar