Matematika
Kelas VII
Aljabar
Capaian Pembelajaran
Peserta didik dapat menggunakan pola dalam bentuk
konfigurasi objek dan bilangan untuk membuat prediksi. Mereka dapat menemukan
sifat-sifat komutatif, asosiatif, dan distributif operasi aritmetika pada
himpunan bilangan real dengan menggunakan pengertian “sama dengan”, mengenali
pola, dan menggeneralisasikannya dalam persamaan aljabar. Mereka dapat
menggunakan “variabel” dalam menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variabel. Mereka dapat menyajikan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah
dengan menggunakan relasi, fungsi linear, persamaan linear, gradien garis lurus
di bidang koordinat Kartesius. Mereka dapat menyelesaikan sistem persaman
linear dua variabel melalui beberapa cara. Mereka dapat menggunakan sifat-sifat
operasi aritmetika dan “variabel” dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dengan
berberapa cara, termasuk faktorisasi dan melengkapkan kuadrat sempurna.
Alur Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu memahami arti huruf
sebagai pengganti bilangan.
2. Peserta didik mampu menggunakan bentuk aljabar
yang menggunakan huruf untuk memudahkan dalam menyelesaikan masalah.
Mengenal aljabar
Audio visual
Teks
Pengertian Bentuk Aljabar
Aljabar merupakan cabang ilmu matematika yang menggunakan tanda-tanda dan huruf-huruf untuk menggambarkan atau mewakili angka-angka (a, b, c, sebagai pengganti bilangan yang diketahui dan x, y, z untuk bilangan yang tidak diketahui). Besaran-besaran tersebut dinamakan variabel dan biasanya dilambangkan dengan huruf. Variabel adalah suatu besaran matematika yang nilainya dapat berubah (tidak konstan). Huruf-huruf dalam aljabar digunakan sebagai pengganti angka. Bentuk aljabar sering melibatkan angka (disebut konstanta), huruf (disebut perubah atau variabel), dan operasi hitung.
Lihatlah contoh di bawah ini:
3a berarti 3 x a atau (a + a + a)
a/3 berarti a : 3 atau 1/3 dari a
2ab berarti 2 x a x b atau (ab + ab)
a(-b) berarti a x a x (-b) atau –ab
(3a)2 berarti 3a x 3a atau 3 x a x 3 x a atau 32 x a2
a1/3 berarti 3√a
a2 – ¼ berarti (a x a – 1) : 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar