Matematika
Kelas VII
SPLSV
Capaian Pembelajaran
Di akhir fase D peserta didik dapat menggunakan
pola dalam bentuk konfigurasi objek dan bilangan untuk membuat prediksi. Mereka
dapat menemukan sifat-sifat komutatif, asosiatif, dan distributif operasi
aritmetika pada himpunan bilangan real dengan menggunakan pengertian “sama
dengan”, mengenali pola, dan menggeneralisasikannya dalam persamaan aljabar.
Mereka dapat menggunakan “variabel” dalam menyelesaikan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel. Mereka dapat menyajikan, menganalisis, dan
menyelesaikan masalah dengan menggunakan relasi, fungsi linear, persamaan
linear, gradien garis lurus di bidang koordinat Kartesius. Mereka dapat
menyelesaikan sistem persaman linear dua variabel melalui beberapa cara. Mereka
dapat menggunakan sifat-sifat operasi aritmetika dan “variabel” dalam
menyelesaikan persamaan kuadrat dengan berberapa cara, termasuk faktorisasi dan
melengkapkan kuadrat sempurna.
Alur Tujuan Pembelajaran
1. Memahami bahwa keseimbangan dalam timbangan mewakili kesetaraan dua kuantitas, dan mewakili besarnya hubungan kedua kuantitas.
2. Mengetahui bahwa berat satu permen dengan menggunakan timbangan namun tanpa anak timbangan.
Persamaan Linear Satu Variabel
LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK (LKPD)
Materi Pokok : BAB 3. Persamaan Linear
Nama
Kelompok
Anggota
Kelompok 1. ........................................
2. ........................................
3. ........................................
4. ........................................
5. ........................................
1. Amati sebuah
timbangan berikut.
2. Jika berat 1 buah kotak biru adalah 2 g, dan berat 1 buah bola kuning adalah n g, maka dari pernyataan
matematika mana yang dapat dipakai untuk menentukan berat 1 buah
bola kuning ? Bagaimana cara kita menentukan
beratnya? Jadi berapakah nilai n?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar