Kamis, 19 Oktober 2023

Math

 Matematika

Kelas VII


SPLSV

Capaian Pembelajaran

Di akhir fase D peserta didik dapat menggunakan pola dalam bentuk konfigurasi objek dan bilangan untuk membuat prediksi. Mereka dapat menemukan sifat-sifat komutatif, asosiatif, dan distributif operasi aritmetika pada himpunan bilangan real dengan menggunakan pengertian “sama dengan”, mengenali pola, dan menggeneralisasikannya dalam persamaan aljabar. Mereka dapat menggunakan “variabel” dalam menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Mereka dapat menyajikan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dengan menggunakan relasi, fungsi linear, persamaan linear, gradien garis lurus di bidang koordinat Kartesius. Mereka dapat menyelesaikan sistem persaman linear dua variabel melalui beberapa cara. Mereka dapat menggunakan sifat-sifat operasi aritmetika dan “variabel” dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dengan berberapa cara, termasuk faktorisasi dan melengkapkan kuadrat sempurna.


Alur Tujuan Pembelajaran

1.   Memahami bahwa keseimbangan dalam timbangan mewakili kesetaraan dua kuantitas, dan mewakili besarnya hubungan kedua kuantitas.

2.   Mengetahui bahwa berat satu permen dengan menggunakan timbangan namun tanpa anak timbangan.


Persamaan Linear Satu Variabel





Ayo amati video berikut

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Materi Pokok : BAB 3. Persamaan Linear

 

Nama Kelompok

Anggota Kelompok 1. ........................................

2. ........................................

3. ........................................

4. ........................................

5. ........................................



  




Ayo berlatih

1.   Amati sebuah timbangan berikut.












2.   Jika berat 1 buah kotak biru adalah 2 g, dan berat 1 buah bola kuning adalah n g, maka dari pernyataan matematika mana yang dapat dipakai untuk menentukan berat 1 buah bola kuning ? Bagaimana cara kita menentukan beratnya? Jadi berapakah nilai n?

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar